Cari Blog Ini

Mengenal Klasifikasi Bangunan Industri beserta Sub-Klasifikasinya

Karawang memiliki kawasan industri yang cukup strategis dengan berbagai akses transportasi yang memudahkan operasional bisnis. Oleh sebab itu, banyak dibuat bangunan industri untuk mendukung berbagai kegiatan dalam bidang industri. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai klasifikasi bangunan industri yang pembangunannya dilakukan oleh kontraktor konstruksi industri Karawang. Berikut penjelasan lengkapnya.   Pengertian Bangunan Industri Sebelum membahas lebih jauh terkait bangunan industri, perlu diketahui dulu pengertian dari industri itu sendiri. Industri adalah suatu kegiatan ekonomi atau suatu bidang yang berkaitan dengan pengolahan berbagai bahan baku, pembuatan barang jadi, dan penggunaan peralatan di bidang pengolahan. Bidang industri terdiri dari industri barang dan juga industri jasa, yang mana industri barang ini berkaitan dengan pengolahan bahan mentah yang dibuat menjadi barang setengah jadi atau bisa juga menjadi barang jadi, sehingga dihasilkan berbagai jenis barang produk

Company Profile PT Niki Four, Kontraktor Konstruksi Industri Karawang Berpengalaman dan Terpercaya

Kontraktor konstruksi industri Karawang termasuk profesi yang membutuhkan spesifikasi dan persyaratan khusus. Hal ini karena dalam bidang kerjanya mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan membutuhkan keahlian, ketelitian, dan kemampuan dalam menggunakan teknologi secara spesifik. Lingkup kerjanya pun tidak sembarangan, seperti industri berat, industri dasar, kilang minyak, pertambangan, dan sebagainya. Terdapat risiko besar bila dalam kinerjanya tidak disertai keahlian khusus.   Apakah Anda membutuhkan jasa kontraktor konstruksi industri terpercaya? Sebelum deal menjalin kerjasama dengan kontraktor yang Anda pilih, simak ulasan tentang kontraktor konstruksi industri berikut mencakup tahapan proyek hingga rekomendasi kontraktor terbaik yang layak untuk dipilih. Lebih Mengenal Konstruksi Industri Sebelumnya, konstruksi merupakan istilah yang mengacu pada kegiatan membangun sarana dan prasarana. Di bidang teknik sipil dan arsitektur, istilah ini dikenal pula sebagai satuan infrastruktur

Industrial Construction: Why You Need To Get It

Industrial construction is a vital part of any business. It helps you to create products and services that people need and want. But, like anything else, industrial construction has its own risks and challenges that you need to be aware of. In this article, we'll take a look at some of the most common reasons why industrial construction can go wrong and how you can mitigate them.   The Pros and Cons of Industrial Construction Industrial construction is a booming industry with a lot of benefits to both the construction company and the end user. Here are some of the pros and cons of industrial construction: Pros: Industrial construction is an extremely versatile industry that can be used for a variety of projects. Industrial construction can be completed quickly, which is important when deadlines need to be met.  The workers in industrial construction are usually highly skilled, which means they are able to complete complex projects quickly and accurately.  Industrial constructio

Kontraktor Konstruksi Industri Karawang

Kontraktor konstruksi industri Karawang merupakan salah satu contoh konkrit dari sebuah perusahaan konstruksi yang ada di Indonesia. Semua perusahaan jasa konstruksi memang harus memiliki klasifikasi sekaligus sub-klasifikasi sebuah gedung yang akan dibangun. Ada beberapa klasifikasi bangunan gedung yang perlu diketahui, hal tersebut bermanfaat untuk melakukan pembangunan konstruksi menggunakan jasa kontraktor


 

Klasifikasi Bangunan Gedung

Bangunan gedung pun memiliki klasifikasinya tersendiri, dimana kualifikasi bangunan gedung tersebut mencakup berbagai kegiatan konstruksi sebuah bangunan, baik hunian maupun non hunian.  Klasifikasi bagunan gedung sendiri sudah terbagi lagi menjadi beberapa subklasifikasi, diantaranya adalah :

1.     Konstruksi Gedung Hunian

Konstruksi untuk gedung hunian merupakan pembangunan renovasi maupun pemeliharaan bangunan berbentuk hunian tetap atau hunian sementara. Misalnya seperti rumah, apartemen, kondominium, rumah susun dan banyak lagi. 

2.     Konstruksi Gedung Perkantoran

Gedung perkantoran banyak dibangun di kawasan kota-kota besar terutama Jakarta.  Pembangunan konstruksi gedung perkantoran memang biasanya dilakukan sederet, karena kawasan perkantoran memang selalu berada dalam satu kawasan besar dengan berjejer gedung bangunan tinggi pada kawasan tersebut. 

3.     Konstruksi Gedung Industri

Kontraktor konstruksi industri Karawang sudah lebih jelas melakukan sub klasifikasi yang satu ini. yaitu sebuah kegiatan konstruksi bangunan-bangunan industri. Dimana daerah Karawang termasuk salah satu pusat industri, sehingga akan banyak sekali pembangunan konstruksi di sana. Baik pembangunan gedung ataupun sekedar pemeliharaan dan renovasi seperti pabrik.

4.     Konstruksi Gedung Perbelanjaan

Pembangunan konstruksi gedung perbelanjaan seperti mall atau swalayan, biasanya akan dibangun berbarengan di kawasan perkantoran. Atau bahkan ada juga yang membangunnya bersama dengan bangunan hunian jenis hunian vertikal atau apartemen. Kegiatan konstruksi meliputi pembangunan dan juga perawatan gedung perbelanjaan, pembangunan gedung baru ataupun ekspansi gedung.

5.     Konstruksi Gedung Kesehatan

Konstruksi gedung kesehatan pun juga termasuk dalam klasifikasi bangunan gedung, seperti rumah sakit, klinik ataupun puskesmas. Kegiatan konstruksi yang dilakukan seperti pembangunan awal gedung ataupun renovasi hingga perombakan total sebuah bangunan kesehatan.

6.     Konstruksi Gedung Pendidikan

Ada banyak jenis bangunan pendidikan yang bisa melakukan konstruksi, seperti pembangunan gedung sekolah, gedung universitas atau kampus serta bangunan-bangunan pusat pendidikan seperti tempat kursus dan lain sebagainya. 

7.     Konstruksi Gedung Hiburan dan Olahraga

Janis gedung atau bangunan hiburan dan olahraga sedikit mirip bahkan cenderung masih dalam satu bangunan yang sama penggunaannya. Hanya perbedaan pada jenis kegiatannya saja, yaitu berbentuk gedung kesenian dan olahraga ataupun gedung stadion olahraga yang juga bisa dijadikan tempat konser musik.

8.     Konstruksi Gedung Penginapan

Satu lagi jenis konstruksi bangunan atau gedung yang juga paling sering ditemukan, yaitu klasifikasi konstruksi gedung penginapan. Yaitu, pembangunan serta pengelolaan gedung seperti hotel, resort ataupun villa. Bahkan, termasuk dengan beberapa jenis bangunan penginapan kecil seperti losmen ataupun motel.

9.     Konstruksi Gedung Lainnya

Selain beberapa gedung bangunan yang sudah disebutkan semua di atas, masih ada juga beberapa bangunan lainnya yang bisa dibangun melalui jasa kontraktor.  Beberapa gedung yang tidak terlalu masuk hitungan, tapi masih merupakan kategori konstruksi gedung yang bisa dilakukan menggunakan kontraktor.

Semua jenis konstruksi bangunan diatas dilakukan oleh sebuah kontraktor seperti kontraktor konstruksi industri Karawang dengan jasa arsitek yang paling dominan dalam pengerjaannya.

Definisi dan Jenis Bidang Arsitektur

Jika ditelusuri lebih mendalam, perlu diketahui lebih jauh lagi pengertian dari bidang arsitektur dan peran seorang arsitek. Arsitektur adalah sebuah proses dan produk dari sebuah perencanaan, perancangan dan konsep konstruksi bangunan dan struktur.karya arsitektur pun bisa dijadikan sebagai simbol budaya ataupun karya seni bagi sebuah daerah.

Bicara mengenai sejarah, arsitektur pun sudah mulai ada sejak zaman prasejarah, karena pada masa itu sudah banyak bangunan-bangunan yang kini pun menjadi simbol sejarah dan budayanya pada saat itu.bidang arsitektur pun terus semakin berkembang dari masa ke masa, dengan perbedaan generasi menciptakan perbedaan hasil karya yang menjadikan tren. Ada beberapa jenis arsitektur yang diketahui hingga kini berdasarkan perkembangannya, yaitu:

1.     Arsitektur Aerodinamis

Jenis arsitektur ini adalah arsitektur yang mampu memanfaatkan aliran udara untuk menciptakan sebuah kenyamanan dan panas yang sesuai untuk sebuah bangunan. Dan aliran udara ini sangat dimanfaatkan sebaik mungkin secara langsung melalui tata ruang dan lingkungan di dalam bangunan tersebut.

2.     Arsitektur Bioklimatik Dan 

Jenis arsitektur yang satu ini merupakan jenis arsitektur yang melakukan kegiatan rancang bangun berdasarkan pada hubungan antar bangunan, hubungan dengan lingkungan dan juga hubungan iklim atau cuaca. Sehingga, prinsip dasarnya adalah penggunaan desain pasif surya dan konsep bioklimatik yang hemat energi. Sangat mengutamakan kenyamanan bagi penghuni dan pemakai bangunan. 

3.     Arsitektur Tropis

Arsitektur yang terakhir adalah konsep arsitektur atau rancang bangun yang diterapkan pada lingkungan yang memang memiliki iklim tropis sebagai penyesuaian. Terdapat dua kategori, yaitu arsitektur tropis kering dan arsitektur tropis lembab. Untuk jenis arsitektur ini, hal yang paling penting dari sebuah kenyamanan bangunan bergantung pada kondisi bangunan dan juga kondisi lingkungan sekitar.

Pada dasarnya, arsitektur tropis merupakan penyesuaian antara konsep rancangan bangunan dengan kondisi iklim tropis di daerah tersebut. Lingkungan yang memang cocok untuk arsitektur ini adalah lingkungan yang sering terkena sinar matahari, curah hujan dan tingkat kelembaban yang tinggi. Dengan penerapan yang tepat adalah tempat-tempat yang dekat dengan alam serta konsep yang selalu berhubungan dengan alam.

Alasan Menggunakan Jasa Arsitek

Mengapa jasa arsitek sangat dibutuhkan dalam sebuah proyek pembangunan, atau apa alasannya kontraktor sekelas kontraktor konstruksi industri Karawang harus memiliki tim arsitek yang kuat dan berkualitas pastilah ada jawabannya. Inilah beberapa alasan dan kelebihannya sebagai jawaban dari pertanyaan tadi khususnya untuk wilayah Anda masing-masing, yaitu:

1.     Ahli Di Bidangnya

Seorang arsitek merupakan seorang yang sangat profesional dibidangnya. Banyak hal yang dikerjakannya dan sangat membantu semua hal yang dibutuhkan. Banyak keahlian yang dimiliki seorang arsitek terkait pembangunan sebuah gedung atau sekedar sebuah  hunian. Terutama untuk masalah rancang bangun, konstruksi bangunan, bahkan manajemen proyek.

Tidak hanya itu, arsitek pun memahami semuanya secara teknis maupun peranannya pada lingkungan sekitar dan masyarakat. Dan juga arsitek sangat berpotensi dalam bidang seni dan estetika yang sering digelutinya.

2.     Dapat Membantu Membangun Proyek Konstruksi Pembangunan

Sebagai kontraktor konstruksi industri karawang yang memang akan sering menghadapi banyak tantangan pembangunan konstruksi, sudah seharus nya memiliki tim yang kuat dari jasa arsitek. Karena, lebih dari 50 persen pekerjaan konstruksi ini memang dikuasai oleh arsitek. Sehingga, sebuah perusahaan kontraktor pastinya akan sangat terbantu dalam membangun mewujudkan berbagai proyek konstruksi pembangunan. Dan juga rencana pembangunan impian seperti sebuah hunian impian.

3.     Bisa Berdiskusi Dengan Baik

Seorang arsitek adalah tim diskusi dan pendengar yang terbaik, karena tugas arsitek memang adalah banyak mendengar keinginan baik dari ontraktor maupun klien. Oleh karena itu, dikatakan bahwa arsitek sangat bisa untuk diajak berdiskusi dengan baik mengenai semua keinginan Anda. Tentunya diikuti dengan kemampuannya sebagai seorang konsultan yang memberi masukkan atas semua ide yang masuk.

4.     Dapat Mempermudah Kontraktor Dan Klien

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh arsitek, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa arsitek sangat ahli di bidangnya. Tidak hanya berkutat dalam masalah rancang bangun, tetapi juga bisa mempermudah sebuah perusahaan kontraktor dalam memilih material bangunan, pengawasan proyek saat pembangunan dan juga dalam hal penataan ruang agar lebih efisien pastinya.

Semua itu dilakukannya sudah dalam satu paket bidang pekerjaannya. Bahkan, seorang arsitek pun juga bisa diandalkan untuk penataan ruang luar atau eksterior, lanskap hingga tata kota. Bahkan, tidak perlu diragukan lagi semua hal yang dilakukan sangat terjamin kualitasnya terutama dari sisi pemilihan material bangunan.

5.     Membantu Penyusunan Rab

Untuk hal yang terakhir ini juga jangan dilupakan peran seorang arsitek. Meskipun ini adalah tugas dan kemampuan untuk bidang teknik sipil, tapi tidak menutup kemungkinan seorang arsitek bisa melakukannya. Karena, untuk penyusunan rencana anggaran biaya (RAB) ini pun juga sudah dipelajari oleh seorang arsitek.

6.     Dapat Memberikan Solusi

Sebagai seorang konsultan perencanaan pembangunan, arsitek dapat menjadi konsultan terbaik yang dapat memberikan banyak solusi dari sebuah  masalah perencanaan konstruksi bangunan tersebut. Bahkan, seorang arsitek yang baik memang sangat mampu menguasai segala masalah yang ada dan muncul dan mengatasinya dengan jalan terbaik.

7.     Membuat Pembangunan Cepat Selesai

Dengan adanya seorang arsitek, maka waktu untuk proses pembangunan pun tidak perlu dikhawatirkan. Karena, pekerjaan yang dilakukan seorang arsitek sangat membantu prose pembangunan bisa cepat selesai. Sangat bermanfaat bagi klien maupun kontraktor seperti kontraktor konstruksi industri Karawang, karena membuat pekerjaan menjadi hemat waktu dan hemat tenaga maupun materi.

8.     Keindahan Tidak Diragukan

Karena arsitek juga bisa dikatakan sebagai seorang seniman bangunan, maka keindahan akan sebuah bangunan atau hunian yang akan dirancang tidak perlu diragukan lagi. Berkat kemampuan estetikanya yang sudah teruji, maka tampilan hasilnya akan terlihat sangat indah dibandingkan pengerjaan tanpa seorang arsitek. Bahkan, seorang seniman asli sekalipun tidak akan mengerti konsep tersebut karena berhubungan dengan sebuah konsep rancang bangunan.

Itulah mengapa peran arsitektur itu sangat penting, terutama untuk dunia konstruksi dan bagi perusahaan kontraktor bangunan. 

Perwujudan Kontraktor Konstruksi dengan Jasa Arsitek Berkualitas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa perusahaan konstruksi terbaik adalah yang bisa diandalkan. Baik kontraktor konstruksi industri Karawang ataupun daerah lainnya, mempunyai standar yang sama dalam hal menentukan potensi sebuah perusahaan kontraktor konstruksi. Menggunakan kontraktor dalam pembangunan memang lebih mempermudah berjalannya proyek konstruksi tersebut, termasuk jasa arsitek di dalam tim tersebut.

Biasanya sebuah perusahaan kontraktor konstruksi memiliki para tim Arsitek dan desainer yang juga pastinya sangat berkualitas. Karena, jasa atau  tugas arsitek memegang peranan penting dalam masalah pembangunan sebuah gedung. Tidak ada sebuah perusahaan kontraktor yang membutuhkan peranan arsitek, karena memang sebagian besar kegiatan dari proyek pembangunan itu merupakan keahlian arsitek.

Termasuk bagi perusahaan sekelas PT. Nikifour Karawang ini, pastinya juga memiliki tim arsitek yang sangat handal. Karena, sudah banyak proyek yang ditanganinya pun berhasil dikerjakan oleh tim arsitek yang dimilikinya. Perusahaan ini berusaha memberikan yang terbaik dalam pembangunan konstruksi bangunan, dengan cara menyediakan kemampuan arsiteknya sebagai pendukung utama proyeknya. Terutama sebagai kontraktor konstruksi industri Karawang yang bertanggung jawab, perusahaan ini sangat mumpuni untuk melakukan semuanya dengan baik.

Sumber Referensi :

  1. mitrarenov.com
  2. arsitekturtropis.com
  3. id.wikipedia.org
  4. 99.co
  5. en.wikipedia.org

0 Komentar

Contact Us


Jati Ilir II RT 001/006 - Tunggak Jati - Karawang Barat
Senin - Sabtu: 08.00 - 17.00 | Istirahat: 12.00 - 13.00