Cari Blog Ini

Mengenal Klasifikasi Bangunan Industri beserta Sub-Klasifikasinya

Karawang memiliki kawasan industri yang cukup strategis dengan berbagai akses transportasi yang memudahkan operasional bisnis. Oleh sebab itu, banyak dibuat bangunan industri untuk mendukung berbagai kegiatan dalam bidang industri. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai klasifikasi bangunan industri yang pembangunannya dilakukan oleh kontraktor konstruksi industri Karawang. Berikut penjelasan lengkapnya.   Pengertian Bangunan Industri Sebelum membahas lebih jauh terkait bangunan industri, perlu diketahui dulu pengertian dari industri itu sendiri. Industri adalah suatu kegiatan ekonomi atau suatu bidang yang berkaitan dengan pengolahan berbagai bahan baku, pembuatan barang jadi, dan penggunaan peralatan di bidang pengolahan. Bidang industri terdiri dari industri barang dan juga industri jasa, yang mana industri barang ini berkaitan dengan pengolahan bahan mentah yang dibuat menjadi barang setengah jadi atau bisa juga menjadi barang jadi, sehingga dihasilkan berbagai jenis barang produk

Company Profile PT Niki Four, Kontraktor Konstruksi Industri Karawang Berpengalaman dan Terpercaya

Kontraktor konstruksi industri Karawang termasuk profesi yang membutuhkan spesifikasi dan persyaratan khusus. Hal ini karena dalam bidang kerjanya mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan membutuhkan keahlian, ketelitian, dan kemampuan dalam menggunakan teknologi secara spesifik. Lingkup kerjanya pun tidak sembarangan, seperti industri berat, industri dasar, kilang minyak, pertambangan, dan sebagainya. Terdapat risiko besar bila dalam kinerjanya tidak disertai keahlian khusus.   Apakah Anda membutuhkan jasa kontraktor konstruksi industri terpercaya? Sebelum deal menjalin kerjasama dengan kontraktor yang Anda pilih, simak ulasan tentang kontraktor konstruksi industri berikut mencakup tahapan proyek hingga rekomendasi kontraktor terbaik yang layak untuk dipilih. Lebih Mengenal Konstruksi Industri Sebelumnya, konstruksi merupakan istilah yang mengacu pada kegiatan membangun sarana dan prasarana. Di bidang teknik sipil dan arsitektur, istilah ini dikenal pula sebagai satuan infrastruktur

Industrial Construction: Why You Need To Get It

Industrial construction is a vital part of any business. It helps you to create products and services that people need and want. But, like anything else, industrial construction has its own risks and challenges that you need to be aware of. In this article, we'll take a look at some of the most common reasons why industrial construction can go wrong and how you can mitigate them.   The Pros and Cons of Industrial Construction Industrial construction is a booming industry with a lot of benefits to both the construction company and the end user. Here are some of the pros and cons of industrial construction: Pros: Industrial construction is an extremely versatile industry that can be used for a variety of projects. Industrial construction can be completed quickly, which is important when deadlines need to be met.  The workers in industrial construction are usually highly skilled, which means they are able to complete complex projects quickly and accurately.  Industrial constructio

Tips Memilih Kontraktor Konstruksi Industri Karawang Yang Profesional dan Terpercaya

Ketika Anda berbicara tentang konstruksi bangunan dan sedang mencari penyedia kontraktor konstruksi industri Karawang yang profesional. Anda perlu memahami lebih dahulu pentingnya kontraktor mekanikal dan tugasnya.

Definisi kontraktor

Secara umum, kontraktor adalah jasa yang berhubungan dengan pemanfaatan tenaga profesional di bidang pembangunan. Dalam proses mendapatkan proyek, kontraktor umumnya melalui dua sistem, yaitu ditunjuk langsung oleh pemilik proyek atau melalui sistem lelang. 


 

Pada prakteknya, saat Anda tergolong pemilik perusahaan yang ingin mempercayakan pengerjaan proyek pada penyedia jasa kontraktor konstruksi Indonesia, Anda perlu mengkonsultasikan banyak hal, mulai dari material, jumlah tenaga kerja yang diterjunkan mengerjakan proyek, peralatan teknis yang akan digunakan, dan layanan tambahan. Hal ini tidak lepas dari jenis kontraktor konstruksi yang sangat beragam, seperti:

1. Bidang Arsitektur

Proyek di bidang ini umumnya meliputi pendirian bangunan dengan teknologi sederhana hingga teknologi canggih yang menangani bidang interior, eksterior, hingga lanskap properti.

2. Bidang Sipil

Proyek pembangunan bidang sipil umumnya meliputi pembuatan bangunan fasilitas publik, seperti saluran drainase, bendungan untuk PLTA, terowongan, jalur jalan tol, jalur kereta api, landasan pesawat, hingga jembatan.

3. Bidang Elektrikal

Segala jenis pembangunan yang berhubungan dengan bidang kelistrikan seperti pembangunan tower sinyal untuk jaringan transmisi maupun telekomunikasi, hingga instalasi listrik.

4. Bidang Mekanikal

Segala jenis pembangunan yang masih berhubungan dengan kelistrikan, hanya saja lebih menitikberatkan pada pembuatan jalur teknis, seperti jalur pipa AC dan pembuangannya, jalur pipa air, jalur sanitasi bangunan, pembuatan lift, atau instalasi yang berhubungan dengan jalur gas atau minyak.

Tugas dan Jenis Jasa Kontruksi

Terkait dengan area Karawang dan sekitarnya yang memiliki sektor industri beragam, tentu sangat dibutuhkan bangunan yang tahan lama dan mampu mendukung kegiatan operasional dalam gedung. Secara umum, ada beberapa jenis jasa yang bisa didapatkan dari perusahaan konstruksi, seperti:

1. Jasa Pembangunan

Umumnya jasa ini akan ditawarkan kepada perusahaan yang ingin membangun dari awal bangunan yang akan digunakan untuk proses produksi, penjualan, maupun gudang. Jasa ini akan dikerjakan orang tenaga ahli di bidang arsitektur dan sipil, selain ahli di bidang hukum, mengingat kegiatan yang mungkin dilakukan terkait dengan upaya pembebasan lahan, birokrasi pembuatan sertifikat laik fungsi (SLF) bangunan, penggalian tanah untuk pondasi awal bangunan, hingga pembuatan sumur yang disesuaikan dengan kebutuhan bangunan.

2. Jasa Desain

Jasa desain yang ditawarkan oleh penyedia jasa kontraktor konstruksi industri Karawang umumnya berkaitan dengan desain interior, eksterior, hingga fasilitas tambahan yang akan diberikan dalam sebuah gedung. Sebagai contoh, saat Anda termasuk pemilik dana yang ingin membangun hotel atau apartemen, penyedia jasa di bidang konstruksi umumnya juga akan menyediakan jasa desain penyusunan produk interior apa saja yang bisa ditambahkan kedalam bangunan, tata letak perabot agar terlihat estetik, jenis bahan yang digunakan untuk membuat interior memiliki kesan kontemporer, industrial, atau tema yang diinginkan. Tidak hanya itu, apabila sebuah bangunan apartemen, hotel, kantor, atau mall ingin ditambahkan beberapa aksesori seperti LED wall, kolam renang, jaringan cctv, dan lainnya, pemilik dana bisa meminta bantuan perusahaan yang pengalaman di bidang konstruksi untuk menerapkan teknologi konstruksi sesuai budget yang diberikan.

3. Jasa Renovasi Dan Remodeling

Bagi kontraktor konstruksi industri Karawang, jasa remodeling atau renovasi juga bisa didapatkan apabila Anda sebagai pemilik dana ingin merubah fungsi sebagian bangunan, baik interior maupun eksteriornya. Misalnya saja saat bangunan awal sebuah rumah tidak memiliki carpot atau kolam renang dalam yang kemudian ditambahkan dengan merubah sedikit lahan yang tersedia. Meski tidak menelan biaya yang besar jika dibandingkan dengan membangun sebuah bangunan benar-benar dari awal, perlu perhitungan yang tepat untuk membuat renovasi bangunan tepat waktu.

4. Jasa Mekanikal Industri

Sebagian besar perusahaan yang berada di Karawang dan sekitarnya tentu membutuhkan jasa kontraktor konstruksi industri Karawang, hal ini karena kontraktor konstruksi bangunan adalah pemegang kunci penting dalam keamanan penggunaan bangunan jangka panjang. Jasa mekanikal industri umumnya akan berkaitan dengan beberapa hal, seperti:

  • Instalasi jaringan tata suara dalam gedung bertingkat, yang umumnya dilengkapi dengan area kedap suara, agar suara di setiap lantai tidak mengganggu di lantai lainnya.
  • Instalasi jaringan telpon yang menggunakan jaringan PABX atau jaringan khusus yang memungkinkan seluruh penghuni gedung terhubung dengan jalur telpon hanya dengan menekan angka kode tertentu.
  • Instalasi sistem atau jalur pemadam kebakaran pada gedung bertingkat dengan banyak ruang tertutup, instalasi jalur AC, ventilasi udara, hingga instalasi cctv.

5. Jasa It Networking

Saat Anda memiliki perusahaan yang ingin memperbaiki jaringan networking perusahaan maupun membangun bangunan baru dilengkapi dengan kualitas internet yang lebih stabil, Anda bisa mempercayakan pembuatan jalurnya pada penyedia jasa kontraktor konstruksi industri Karawang. Hal ini karena perusahaan yang terpercaya umumnya memiliki team handal yang bisa melakukan instalasi serta pengaturan jaringan LAN, WAN, VPN, proxy, maupun akses lini lain yang berhubungan dengan kekuatan akses internet.

6. Jasa Maintenance Building

Apabila ada bagian gedung yang mulai lapuk, bocor, atau membutuhkan coating pada beberapa area lantai, penyedia jasa kontraktor konstruksi industri Karawang umumnya juga menyediakan jasa perbaikan yang membuat gedung bisa digunakan dalam jangka waktu lebih lama.

Kendala Dan Solusi Proyek Konstruksi

Pada tahapan konstruksi mekanikal maupun jasa konstruksi yang lainnya, tentu proses proyek tidak akan terlepas dari kendala. Ada banyak jenis kendala yang mungkin dialami penyedia jasa kontraktor konstruksi industri Karawang, seperti:

1. Perubahan Biaya Bahan Dan Tenaga Kerja

Salah satu jenis permasalahan di dunia konstruksi yang sering dijumpai adalah perubahan biaya bahan bangunan dan jumlah tenaga kerja. Hal tersebut umumnya terjadi karena ada kesalahan perhitungan awal, adanya permintaan percepatan pengerjaan proyek, hingga koordinasi penjadwalan proyek. Pada dasarnya hal ini bisa diatasi dengan kontrak yang ditandangani sejak awal dengan mencantumkan klausul perjanjian jelas tentang apa yang perlu dilakukan apabila ada perubahan biaya maupun jumlah tenaga kerja.

2. Keterlambatan Pembayaran Oleh Pemilik Proyek

Konstruksi bangunan dapat diselesaikan dengan baik ketika pembayaran dana oleh pemilik proyek terjadwal dengan baik. Hanya saja, permasalahan lain yang umum terjadi pada saat pembangunan adalah keterlambatan pembayaran dikarenakan faktor internal. Akibat dari keterlambatan pembayaran oleh pemilik proyek umumnya berakibat keterlambatan pengerjaan, pembayaran tenaga proyek, maupun masalah lainnya. Hal ini bisa diminimalisir dengan kalkulasi dana sejak awal termasuk kepemilikan dana cadangan yang bisa digunakan sewaktu-waktu saat proyek kontraktor konstruksi industri Karawang membutuhkan dana yang lebih besar dari perkiraan awal.

3. Perubahan Variasi Perintah Kerja

Setiap kontraktor bangunan umumnya akan menerjunkan pemimpin team yang bergantian melakukan pengawasan sesuai kesepakatan dengan pihak pemberi dana. Hanya saja, salah satu masalah yang sering tidak bisa dihindari adalah perubahan variasi perintah kerja ketika hasil jadi beberapa area bangunan dianggap tidak memuaskan atau ada beberapa detail yang perlu ditambahkan. Untuk meminimalisir hal ini ada baiknya perusahaan kontraktor menggunakan desain patokan yang disepakati dengan penyedia dana. Sehingga detail bangunan yang akan dibangun diselesaikan

4. Permasalahan Internal

Permasalahan internal yang terjadi pada perusahaan pemberi dana maupun kontraktor, sedikit banyak akan berdampak pada penyelesaian proyek. Ada baiknya untuk meminimalisir dampak konflik internal, ada perjanjian khusus penyelesaian konflik yang mungkin terjadi di masa proyek dikerjakan.

5. Minim Koordinasi Team

Satu jenis permasalahan yang mungkin dialami oleh penyedia jasa kontraktor adalah minim koordinasi antar team yang umumnya akan menyebabkan keterlambatan selesainya proyek pembangunan. Secara tidak langsung permasalahan ini akan berimbas pada anggapan konsumen terkait ketidakprofesionalan perusahaan kontraktor dan berkurangnya proyek perusahaan. Oleh karena itu, ada baiknya jika sebelum penerjunan personel ke lapangan ada SOP yang perlu diberitahukan dan dipahami oleh semua personal yang terlibat dalam proses pembangunan.

6. Peraturan Pemerintah

Sedikit banyak peraturan pemerintah terkait birokrasi dapat menghambat kinerja kontraktor konstruksi industri Karawang apabila tidak dipersiapkan dengan baik sejak awal. Oleh karena itu, pelajari lebih dulu regulasi birokrasi area pembangunan termasuk perijinan yang perlu didapatkan agar proses pembangunan lancar.

Cara Memilih Penyedia Jasa Proyek

Saat Anda berada di Karawang dan sekitarnya, Anda bisa mempercayakan pengerjaan proyek kepada PT Nikifour yang berlokasi di Karawang Barat. Hingga saat ini PT Nikifour terbukti menjadi salah satu perusahaan jasa kontraktor konstruksi industri Karawang yang terbukti sangat profesional di bidangnya. Anda bisa mengakses seluruh layanan yang dimiliki melalui website nikifour.co.id. Ada banyak tips konstruksi yang didapat saat bekerjasama dengan perusahaan ini, selain keunggulan yang bisa dirasakan langsung.

1. Perhitungan Harga Yang Transparan Dengan Perjanjian

Dengan adanya manajemen konstruksi yang baik, Anda sebagai penyedia dana konstruksi akan mendapatkan pertanggungjawaban yang jelas dari perusahaan konstruksi. Seluruh perlengkapan dan peralatan yang digunakan bisa terkontrol dengan baik melalui perjanjian tertulis antara pihak kontraktor dengan penyedia dana. Tentunya dengan perhitungan budget yang jelas, kemungkinan munculnya biaya tambahan yang terlalu tinggi bisa dihindari.

2. Rekam Jejak Dari Konsumen Sebelumnya Yang Jelas

Apabila Anda ingin mendapatkan layanan yang handal, Anda perlu memilih perusahaan konstruksi yang memiliki rekam jejak online maupun offline jelas. PT Nikifour telah membantu banyak industri di Karawang maupun sekitarnya untuk mendapatkan bangunan yang aman dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Hal tersebut bisa dibuktikan dari banyaknya testimoni positif PT Nikifour sebagai penyedia jasa kontraktor konstruksi industri Karawang.

3. Memiliki Banyak Tenaga Ahli Di Bidangnya Dengan Kenyamanan Pelayanan Konsultasi

Pada saat Anda mempercayakan pengerjaan gedung pada Nikifour, Anda tidak akan merasa kecewa mengingat pelayanan profesional yang diberikan. Ada banyak tenaga yang ahli di bidangnya dan hal ini meningkatkan kenyamanan konsumen selama proses konsultasi.

4. Perijinan Perusahaan Lengkap

Sebagai perusahaan kontraktor konstruksi industri Karawang yang sudah lama berkecimpung di bidang konstruksi tentu ada perijinan yang perlu dimiliki agar proyek konstruksi yang dijalankan tidak dianggap melanggar hukum. Dokumen perijinan yang lengkap juga menjaga kepercayaan konsumen saat pengerjaan gedung sesuai fungsi yang diinginkan.

5. Tahapan Pengerjaan Yang Jelas

Setiap perusahaan kontraktor konstruksi industri Karawang harus memperhatikan K3 konstruksi dan tahapan pengerjaan konstruksi agar bangunan selesai tepat waktu dan tidak ada pekerja yang mengalami kecelakaan kerja. Tahapan pengerjaan yang sesuai SOP juga akan membuat gedung yang sudah dikerjakan cepat mendapatkan sertifikasi laik fungsi sebelum dioperasikan.

Sumber:

  1. sagacontractor.com
  2. adhyaksapersada.co.id
  3. desainrumahimpian.net
  4. repository.its.ac.id

0 Komentar

Contact Us


Jati Ilir II RT 001/006 - Tunggak Jati - Karawang Barat
Senin - Sabtu: 08.00 - 17.00 | Istirahat: 12.00 - 13.00