Cari Blog Ini

Mengenal Klasifikasi Bangunan Industri beserta Sub-Klasifikasinya

Karawang memiliki kawasan industri yang cukup strategis dengan berbagai akses transportasi yang memudahkan operasional bisnis. Oleh sebab itu, banyak dibuat bangunan industri untuk mendukung berbagai kegiatan dalam bidang industri. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai klasifikasi bangunan industri yang pembangunannya dilakukan oleh kontraktor konstruksi industri Karawang. Berikut penjelasan lengkapnya.   Pengertian Bangunan Industri Sebelum membahas lebih jauh terkait bangunan industri, perlu diketahui dulu pengertian dari industri itu sendiri. Industri adalah suatu kegiatan ekonomi atau suatu bidang yang berkaitan dengan pengolahan berbagai bahan baku, pembuatan barang jadi, dan penggunaan peralatan di bidang pengolahan. Bidang industri terdiri dari industri barang dan juga industri jasa, yang mana industri barang ini berkaitan dengan pengolahan bahan mentah yang dibuat menjadi barang setengah jadi atau bisa juga menjadi barang jadi, sehingga dihasilkan berbagai jenis barang produk

Company Profile PT Niki Four, Kontraktor Konstruksi Industri Karawang Berpengalaman dan Terpercaya

Kontraktor konstruksi industri Karawang termasuk profesi yang membutuhkan spesifikasi dan persyaratan khusus. Hal ini karena dalam bidang kerjanya mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan membutuhkan keahlian, ketelitian, dan kemampuan dalam menggunakan teknologi secara spesifik. Lingkup kerjanya pun tidak sembarangan, seperti industri berat, industri dasar, kilang minyak, pertambangan, dan sebagainya. Terdapat risiko besar bila dalam kinerjanya tidak disertai keahlian khusus.   Apakah Anda membutuhkan jasa kontraktor konstruksi industri terpercaya? Sebelum deal menjalin kerjasama dengan kontraktor yang Anda pilih, simak ulasan tentang kontraktor konstruksi industri berikut mencakup tahapan proyek hingga rekomendasi kontraktor terbaik yang layak untuk dipilih. Lebih Mengenal Konstruksi Industri Sebelumnya, konstruksi merupakan istilah yang mengacu pada kegiatan membangun sarana dan prasarana. Di bidang teknik sipil dan arsitektur, istilah ini dikenal pula sebagai satuan infrastruktur

Industrial Construction: Why You Need To Get It

Industrial construction is a vital part of any business. It helps you to create products and services that people need and want. But, like anything else, industrial construction has its own risks and challenges that you need to be aware of. In this article, we'll take a look at some of the most common reasons why industrial construction can go wrong and how you can mitigate them.   The Pros and Cons of Industrial Construction Industrial construction is a booming industry with a lot of benefits to both the construction company and the end user. Here are some of the pros and cons of industrial construction: Pros: Industrial construction is an extremely versatile industry that can be used for a variety of projects. Industrial construction can be completed quickly, which is important when deadlines need to be met.  The workers in industrial construction are usually highly skilled, which means they are able to complete complex projects quickly and accurately.  Industrial constructio

Aspek Pekerjaan Konstruksi Gudang Industri dan Profil Kontraktor

Mengerjakan suatu proyek pembangunan, terlebih proyek besar sudah sewajarnya tak bisa dilakukan secara sembarangan. Semua hal yang berkaitan dengan konstruksi harus dipikirkan dan direncanakan dengan matang, agar waktu dan anggaran tidak terbuang sia – sia. Untuk itu, dalam mendukung suatu proyek pembangunan berjalan lancar, menggunakan jasa kontraktor merupakan satu keharusan.


 

Walaupun harus mengeluarkan anggaran lebih untuk membayar jasa kontraktor, penyedia jasa pembangunan berlisensi dengan kode: BG003, akan memberikan garansi bahwa proyek dapat dikerjakan sesuai dengan kontrak perjanjian yang telah disepakati bersama. Karena menurut aturan pembangunan setiap kontraktor konstruksi industri Karawang resmi yang ditunjuk dalam pengerjaan suatu proyek harus menyertakan perjanjian kontrak yang telah disetujui bersama.

Pengertian Konstruksi Industri

Dalam konteks dari sebuah proyek pembangunan, konstruksi dapat diartikan sebagai satu rangkaian kegiatan pembangunan suatu sarana dan prasarana yang saling terkait, seperti bangunan, gedung, jembatan, dan lain sebagainya. Dimana sebuah proyek konstruksi membutuhkan berbagai sumber daya mulai dari SDM, material, peralatan, rancangan dan metode pelaksanaan, anggaran dana, hingga waktu pelaksanaan. Pertimbangan tersebut diperlukan agar proyek konstruksi dapat berjalan dengan baik.

Kontraktor Sebagai Penyedia Jasa Konstruksi

Pihak pelaksana suatu proyek pembangun disebut kontraktor. Kontraktor adalah pihak perorangan atau lembaga pelaksana pekerjaan berbadan hukum yang dikontrak oleh pihak pemilik proyek untuk melaksanakan pekerjaan pembangunan sesuai dengan perjanjian kontrak kerjasama yang telah disepakati bersama dan sesuai dengan bidang keahliannya. Harus dipahami,pekerjaan kontraktor dibatasi oleh kontrak yang mengatur waktu penyelesaian, biaya, dan hal – hal yang berhubungan pelaksanaan pembangunan.

Pada umumnya,jasa kontraktor mendapatkan proyek pekerjaan dari dua cara, yakni, penunjukan langsung oleh pemilik proyek atau melalui lelang proyek pembangunan yang diselenggarakan oleh pihak pemilik proyek. Pemenang dari lelang tersebut merupakan pihak kontraktor yang mengajukan harga terbaik dengan produk berkualitas serta memenuhi kriteria – kriteria yang ditetapkan oleh pihak pemilik proyek.

Namun, banyak orang sering menyebut kontraktor sebagai pemborong, padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup besar. Mulai dari sistem kerja kontraktor berdasarkan kontrak tertulis dalam SPK yang berkekuatan hukum, tetapi pemborong bekerja berdasarkan perjanjian informal yang mungkin tak berkekuatan hukum. Selain itu, kontraktor pasti berbadan hukum, dan pemborong kebalikannya.

Jenis – Jenis Industri Konstruksi

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 18 Tahun 1999 mengenai jasa konstruksi. Terdiri atas 3 jenis industri konstruksi, yang mana semuanya telah diterangkan secara jelas dan mendetail. Macam industri konstruksi tersebut meliputi:

  1. Industri konstruksi perencanaan konstruksi
  2. Pelaksanaan pekerjaan dan pengawasan
  3. Industri di bidang konstruksi dalam pelaksana kegiatan di lapangan yang bekerjasama dengan pihak stakeholder.

Pihak – pihak tersebut meliputi, konsultan, kontraktor, plant supplier, material supplier, tenaga kerja, asuransi, perbankan dan transport supplier. Secara umum, industri konstruksi dibagi dalam klasifikasi perusahaan besar dan perusahaankecil. Hal tersebut dikarenakan sektor industri ini memiliki perbedaan dibandingkan industri – industri lainnya.

Lingkup Dan Cakupan Kontraktor

Sebelum menentukan pilihan untuk menggunakan jasa kontraktor dalam satu proyek pembangunan, sebaiknya periksa secara menyeluruh latar belakangnya. Meskipun mendapat rujukan dan referensi positif, perhatikan juga reputasi dan pahami layanan yang dimiliki jasa kontaktor tersebut. Ada pun lingkup dan cakupan kerja kontraktor yang harus diperhatikan, yakni:

  • Lingkup pekerjaan bangunan sipil
  • Lingkup pekerjaan instalasi mekanikal dan elektrikal
  • Lingkup pekerjaan pelaksanaan pembangunan secara umum
  • Lingkup pekerjaan spesialis

Lingkup dalam pekerjaan konstruksi bangunan merupakan jenis pekerjaan konstruksi yang dilakukan pihak kontraktor sebagai pelaksana pekerjaan konstruksi dengan cakupan pekerjaan meliputi pembangunan, pemeliharaan, pembongkaran, pembangunan kembali dan renovasi bangunan sesuai klasifikasi dan sub klasifikasi usaha jasa konstruksi. Adapun layanan yang ditawarkan oleh kontraktor secara umum, diantaranya:

  • Jasa Desain

Setelah berdiskusi dan konsultasi bersama pihak pemilik proyek serta melakukan survei lokasi dan kondisi lahan, pihak kontraktor akan memaparkan desain proyek secara detail. Mulai dari desain interior, eksterior, hingga fasilitas. Desain ini akan dibuat sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan anggaran pemilik proyek berdasarkan kontrak kerja.

  • Banguan Dan Material

Dalam tahapan ini, pihak kontraktor mempunyai tanggung jawab secara penuh terhadap pembersihan lahan, serta penggalian tanah untuk keperluan pondasi, dan juga pembuatan sumur resapan. Jika diperlukan, kontraktor akan menggunakan berbagai alat berat untuk kelancaran dalam pelaksanaan pekerjaan.

  • Renovasi Dan Remodeling

Jika terdapat ketidakcocokan antara desain dan faktor lapangan, kontraktor akan melakukan renovasi atau remodeling seperti pembongkaran atau perbaikan. Kontraktor bisa saja melakukan perombakan yang berkaitan dengan interior, eksterior, dan fasilitas bangunan dengan tujuan efisiensi di masa mendatang.

Memilih Kontraktor Gudang Industri

Untuk suatu perusahaan supplier atau perusahaan apapun, sebuah gudang merupakan sarana penting yang digunakan untuk menyimpan barang – barang atau produk yang dimiliki. Meskipun hanya sebuah gudang sederhana, membangun sebuah gudang tidaklah semudah dengan yang bayangkan. Sehingga sangatlah penting memilih kontraktor gudang industri terbaik, profesional dan berpengalaman agar dapat membangun gudang yang sesuai keinginan dan memenuhi aspek K3.

Fungsi utama dari sebuah gudang adalah untuk melindungi barang – barang atau produk dari perusahaan. Apabila dibangun secara asal – asalan,dapat berakibat gudang tidak berfungsi sebagaimana mestinya baik dalam hal melindungi produk – produk usaha atau keselamatan pekerja. Untuk itu, dalam memilih jasa kontraktor gudang industri ada hal – hal yang harus diperhatikan.

1.      Kontraktor Spesialis Bangunan Gudang Dan Industri

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kontraktor tersebut benar – benar spesialisasi dalam konstruki gudang. Menurut Permen PUPR Nomor 19 Tahun 2014, jasa konstruksi dengan klasifikasi Bangunan Gedung, dengan kode BG003, dengan subklasifikasi jasa pelaksanaan konstruksi bangunan gudang dan industri. Pekerjaan pelaksanaan meliputi, pembangunan baru, penambahan, peningkatan serta renovasi dari bangunan gudang dan industri.

Jadi, jika anda tengah mencari kontraktor konstruksi industri karawang yang resmi dan berijin, Permen PUPR tersebut bisa dijadikan acuan. Karena ada berbagai jenis kontraktor yaitu kontraktor rumah dan perumahan, kontraktor pembangunan gedung, kontraktor pembangunan hotel, dan banyak lagi kontraktor spesialis pembangunan. Dengan memilih kontraktor yang spesialis membangun gudang dan industri, akan membantu dalam mendapatkan gudang yang sesuai dan memenuhi standar ketentuan.

2.      Kontraktor Bangunan Gudang Dan Industri Yang Berpengalaman

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah kontraktor bangunan gudang dan industri yang sudah berpengalaman. Dalam memilih kontraktor untuk membangun gudang, harus dipertimbangkan pengalaman dan jam terbang dari kontraktor tersebut. Perlu diingat, pertimbangkan juga harga dan lama pekerjaan yang ditawarkan para kontraktor pembangunan gudang dan industri ini.

Tips Dalam Memilih Kontraktor Gudang Industri

Walaupun banyak sekali jasa kontraktor bangunan gudang dan industri yang ada, bahkan mungkin banyak sekali rekomendasi kontraktor yang bisa didapatkan dengan mudah. Namun, dalam menentukan kontraktor mana yang akan dipilih tidaklah mudah. Berikut ini beberapa tips memilih kontraktor gudang industri yang bisa diikuti.

  • Carilah rekomendasi kontraktor yang berpengalaman dalam pekerjaan pembangunan berbagai macam gudang,
  • Mintai sertifikat resmi dan legalitas dari kontraktor yang memberikan penawaran jasanya untuk pelaksanaan pekerjaan,
  • Perhatikan kualitas SDM yang dimiliki, bila SDM yang dimiliki berkualitas maka kontraktor tersebut pastilah memiliki kualitas yang baik,
  • Perhatiakan peralatan yang dimiliki dan yang akan digunakan oleh pihak kontraktor dalam pelaksanaan pekerjaan,
  • Pilih kontraktor yang menawarkan jasanya dengan harga yang kompetitif dan relevan,
  • Pertimbangkan sistem dan cara pembayaran serta pilihlah kontraktor yang menawarkan sistem pembayaran yang aman dan dapat dipertanggungjawabkan,
  • Pastikan kontraktor pilihan menawarkan garansi atas pelaksanaan pekerjaan dan hasil akhir pekerjaannya.

Keuntungan menggunakan jasa kontraktor yang berpengalaman yaitu dalam perhitungan dan menentukan total biaya anggaran yang dibutuhkan secara terperinci dan detail bahkan hampir mendekati biaya real. Sehingga kemungkinan pembengkakan biaya atau salah perhitungan dalam pelaksanaan pekerjaan dapat dihindari. Kontraktor yang berkualitas baik selalu memiliki SDM untuk membuat gambaran kerja secara detail.

Aspek Yang Harus Dimiliki Oleh Kontraktor Gudang Industri Yang Baik

Tujuan dari pembuatan gudang tentunya akan dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang, sehingga sangatlah penting memperhatikan aspek – aspek yang mempengaruhi dalam pelaksanaan pekerjaan pembangunan gudang tersebut. Pihak jasa kontraktor yang baik akan memperhatikan bermacam – macam aspek agar gudang yang dibangun tidak hanya kuat, efisien dalam operasional, aman dan kemudahan akses yang dimiliki.

1.      Operasional Dan Teknis

Aspek pertama adalah aspek operasional dan teknis. Seiring dengan adanya perkembangan bisnis dan peningkatan penjualan maka gudang pun akan mengalami perkembangan atau pertumbuhan sehingga sangat penting untuk mempertimbangkan kebutuhan operasional di masa – masa yang akan datang. Dan, bila diperlukan memberikan kemudahan dalam renovasi dan ekspansi.

2.      Aspek Ekonomi

Aspek kedua adalah dari sisi ekonomi. Tentunya dalam bisnis apapun harus dipertimbangkan biaya balik modal atau studi kelayakan. Kontraktor yang baik akan memperhitungkan besarnya gudang yang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga nantinya, aspek ekonomi dalam konteks perawatan dan biaya operasional gudang tidak memberatkan anggaran operasional perusahaan.

3.      Aspek Manajemen

Yang terakhir adalah aspek dari sisi manajemen. Sebuah gudang industri yang baik akan membutuhkan satu sistem manajemen yang meliputi seluruh aspek operasional dari gudang tersebut. Namun harus diperhatikan agar struktur manajemen tidak mengganggu operasional dari gudang.

Menentukan dan memilih jasa kontraktor dalam pelaksanaan pekerjaan pembangunan gudang industri memang memakan waktu. Sebaiknya harus berhati – hati dalam memilihnya sehingga tidak salah pilih. Pilihan ini harus dipertimbangkan dan diputuskan secara cermat dan hati – hati. Memilih menggunakan pemborong kerja harian memanglah lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan jasa kontraktor, akan tetapi konsekuensi yang bisa terjadi harus dipikirkan dengan seksama.

Untuk anda yang berada di wilayah industri Karawang dan sekitarnya yang sedang mencari jasa kontraktor konstruksi industri karawang untuk pelaksanaan pekerjaan dalam pembangunan gudang dan industri, PT Nikifour Karawang bisa menjadi pilihan terbaik. Dalam pemilihan kontraktor membutuhkan perhatian secara bijak dan tidak asal pilih, sehingga anda bisa mendapat kontraktor gudang dan industri terbaik di Indonesia.

Salah satu kontraktor konstruksi industri Karawang yang terbaik yang memenuhi kedua hal tersebut di atas adalah PT Nikifour Karawang, sebagai perusahaan konstruksi industri berpengalaman di kawasan industri di Karawang. Perusahaan dalam bidang konstruksi yang sudah berizin resmi dan terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI dan tergabung di bawah asosiasi Gapensi Jawa Barat. Yang tentu saja menjadi jaminan dalam pembangunan gudang dan industri.

REFERENSI:

  1. en.wikipedia.org
  2. www.britannica.com
  3. solusikonstruksi.com
  4. sewaliftmaterial.com
  5. prahu-hub.com
  6. bpsdm.pu.go.id
  7. sertifikasi.biz
  8. ulp.pu.go.id

0 Komentar

Contact Us


Jati Ilir II RT 001/006 - Tunggak Jati - Karawang Barat
Senin - Sabtu: 08.00 - 17.00 | Istirahat: 12.00 - 13.00