Cari Blog Ini

Mengenal Klasifikasi Bangunan Industri beserta Sub-Klasifikasinya

Karawang memiliki kawasan industri yang cukup strategis dengan berbagai akses transportasi yang memudahkan operasional bisnis. Oleh sebab itu, banyak dibuat bangunan industri untuk mendukung berbagai kegiatan dalam bidang industri. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai klasifikasi bangunan industri yang pembangunannya dilakukan oleh kontraktor konstruksi industri Karawang. Berikut penjelasan lengkapnya.   Pengertian Bangunan Industri Sebelum membahas lebih jauh terkait bangunan industri, perlu diketahui dulu pengertian dari industri itu sendiri. Industri adalah suatu kegiatan ekonomi atau suatu bidang yang berkaitan dengan pengolahan berbagai bahan baku, pembuatan barang jadi, dan penggunaan peralatan di bidang pengolahan. Bidang industri terdiri dari industri barang dan juga industri jasa, yang mana industri barang ini berkaitan dengan pengolahan bahan mentah yang dibuat menjadi barang setengah jadi atau bisa juga menjadi barang jadi, sehingga dihasilkan berbagai jenis barang produk

Company Profile PT Niki Four, Kontraktor Konstruksi Industri Karawang Berpengalaman dan Terpercaya

Kontraktor konstruksi industri Karawang termasuk profesi yang membutuhkan spesifikasi dan persyaratan khusus. Hal ini karena dalam bidang kerjanya mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan membutuhkan keahlian, ketelitian, dan kemampuan dalam menggunakan teknologi secara spesifik. Lingkup kerjanya pun tidak sembarangan, seperti industri berat, industri dasar, kilang minyak, pertambangan, dan sebagainya. Terdapat risiko besar bila dalam kinerjanya tidak disertai keahlian khusus.   Apakah Anda membutuhkan jasa kontraktor konstruksi industri terpercaya? Sebelum deal menjalin kerjasama dengan kontraktor yang Anda pilih, simak ulasan tentang kontraktor konstruksi industri berikut mencakup tahapan proyek hingga rekomendasi kontraktor terbaik yang layak untuk dipilih. Lebih Mengenal Konstruksi Industri Sebelumnya, konstruksi merupakan istilah yang mengacu pada kegiatan membangun sarana dan prasarana. Di bidang teknik sipil dan arsitektur, istilah ini dikenal pula sebagai satuan infrastruktur

Industrial Construction: Why You Need To Get It

Industrial construction is a vital part of any business. It helps you to create products and services that people need and want. But, like anything else, industrial construction has its own risks and challenges that you need to be aware of. In this article, we'll take a look at some of the most common reasons why industrial construction can go wrong and how you can mitigate them.   The Pros and Cons of Industrial Construction Industrial construction is a booming industry with a lot of benefits to both the construction company and the end user. Here are some of the pros and cons of industrial construction: Pros: Industrial construction is an extremely versatile industry that can be used for a variety of projects. Industrial construction can be completed quickly, which is important when deadlines need to be met.  The workers in industrial construction are usually highly skilled, which means they are able to complete complex projects quickly and accurately.  Industrial constructio

Ini Dia Persyaratan Struktur Bangunan Gedung Industri yang Wajib Anda Tahu

Anda sedang mengurus bangunan industri pada waktu dekat? Nyatanya untuk melakukan hal tersebut tidak bisa langsung begitu saja namun ada beberapa syarat yang harus dilalui. Seperti halnya yang menjadi ketentuan khusus dalam Kontraktor Konstruksi Industri Karawang. Syarat ini mempengaruhi nilai dan keamanan dari bangunan terkait. 

Pengertian Bangunan Gedung Industri

Sebelum membahas yang lebih mendalam kamu nyatanya perlu terlebih dahulu mengenai pengertian dari bangunan gedung industri seperti yang ada di Kontraktor Konstruksi Industri Karawang. Bangunan gedung adalah sebuah satuan bangun yang dibuat untuk suatu tujuan tertentu entah sebagai lahan pribadi maupun untuk kepentingan komersial. 


 

Sementara industri sendiri memiliki pengertian suatu tindakan yang melibatkan segala bentuk kegiatan berupa produksi jasa maupun barang sesuai tujuan yang diharapkan. Sehingga jika digabung maka bangunan gedung industri memiliki pengertian bangunan yang digunakan untuk kepentingan memproduksi segala bentuk kebutuhan dalam bidang industri terkait. 

Untuk bangunan gedung industri sendiri biasanya dibedakan menjadi dua macam yakni bangunan dengan tipe yang biasa dan bangunan dengan tipe khusus. Pertama, tipe biasa dalam Kontraktor Konstruksi Industri Karawang biasanya memiliki ciri kerangka yang lebih sederhana dan terbuka. Biasanya dilengkapi dengan bentuk bentang terbuka dan tidak tertutup. 

Tujuannya adalah untuk mempermudah segala bentuk kebutuhan terkait fleksibilitas dan akomodasi pengubahan alokasi kebutuhan penataan alat di bidang industri terkait. Untuk tipe yang seperti ini Anda bisa menemukannya seperti pabrik, gudang maupun bengkel. Tentu saja beberapa bangunan ini memang tidak begitu membutuhkan perlindungan yang baik pada bangunannya. Namun lebih mengutamakan kemudahan akomodasi dan keluar masuknya mesin maupun manusia yang ada di dalamnya. 

Selanjutnya untuk tipe yang kedua adalah bangunan dengan tipe khusus. Tipe yang satu ini memiliki ciri berupa menyediakan ruangan internal yang lebih mengutamakan sisi fungsionalitas dan ruang produksi utama. Hal ini dikarenakan dibutuhkannya tempat yang memadahi untuk meletakkan beberapa peralatan yang ditangguhkan atau ruang bekerja seperti kantor. 

Biasanya bangunan dalam Kontraktor Konstruksi Industri Karawang lebih banyak dibuat dari struktur baja untuk meningkatkan sisi kekuatan yang diberikan. Contoh bangunan khusus yang bisa Anda jumpai adalah industri kain, industri mobil dan pembuatan mesin berat. Beberapa industri ini juga menjadi keselamatan para pekerja dengan perlindungan yang mumpuni di balik bangunannya. 

Karakteristik bangunan gedung Industri

Setelah mengenal pengertian tentang bangunan gedung industri yang ditemukan dalam Kontraktor Konstruksi Industri Karawang Anda bisa lanjut untuk mengenal karakteristik bangunan tersebut. Beberapa karakteristik ini juga berperan penting untuk ciri khusus sebuah banguann industri maupun bukan industri. Adapun karakteristik yang dimaksud bisa dilihat sebagai berikut:

1.      Bagian ventilasi

Karakteristik pertama yang harus ada dalam sebuah bangunan industri Kontraktor Konstruksi Industri Karawang adalah bagian ventilasinya. Bukan hanya berlaku untuk bangunan versi industri saja, untuk bangunan biasa saja ventilasi memang memiliki peranan yang cukup penting,

Ventilasi adalah tempat keluar masuknya udara ke dalam ruangan sehingga membuatnya lebih sejuk dan anti pengap. Tentunya Anda tahu ketika ruangan tidak mendapatkan ventilasi yang cukup akan menyebabkan ruangan tersebut kurang sehat dan berbau tidak sedap.

Begitu pula dengan yang terjadi pada bangunan industri. Anda bisa menggunakan cara alami atau dengan bantuan berupa alat seperti kipas untuk peralatan mesin yang ada di dalamnya. Tujuannya sangat krusial mengingat ada banyak jenis kegiatan yang terjadi di dalam bangunan tersebut. 

Seperti halnya untuk menghilangkan udara kotor dan menggantinya dengan udara yang lebih segar dan menghilangkan hawa panas di dalamnya. Hal ini cukup penting untuk kebaikan mesin yang bekerja di dalamnya termasuk juga para karyawan terkait sisi kesehatan mereka. 

Jadi, ketika sedang merancang bangunan untuk industri Anda memang dituntut untuk mempertimbangkan pengadaan ventilasi di beberapa titik yang sekiranya penting untuk diberikan. Dengan begitu ruangan dalam bangunan tersebut bisa terus sehat dan nyaman digunakan. 

2.      Sisi pencahayaan

Karakteristik kedua yang tidak kalah penting diperhatikan dalam Kontraktor Konstruksi Industri Karawang adalah terkait pemberian pencahayaan di dalamnya. Pencahayaan yang dimaksud bisa berupa pencahayaan yang didapatkan secara alami maupun yang didapatkan dari bantuan sinar lampu. Keduanya memiliki peranan yang cukup baik dalam ruangan bangunan industri terkait. 

Hal ini menjadi syarat penting sebuah bangunan industri didirikan terkait keseragaman tingkat cahaya yang diberikan. Anda harus membuat rancangan yang bagus terkait titik atau pemilihan atap untuk tetap mendapatkan cahaya alami terutama di waktu siang hari. Selain mempertimbangkan sisi efisiensi hal ini juga erat kaitannya dengan hemat energi.

Irit tidaknya penghabisan daya untuk penerangan juga menjadi pertimbangan penting untuk sebuah bangunan industri terkait. Anda memang bisa menggunakan cahaya lampu namun disarankan penggunaannya hanya untuk malam hari saja. Sementara untuk siang hari paling tidak masih ada cahaya alami yang bisa menembus masuk. 

3.      Bagian atap

Selanjutnya karakteristik yang perlu dipahami dalam bangunan industri Kontraktor Konstruksi Industri Karawang adalah pada bagian atapnya. Bagian atap memang cukup krusial untuk dipertimbangkan karena menyangkut area perlindungan bagi semua hal yang ada di bawah naungan bangunan industrinya.

Anda memang diminta untuk memperhatikan setiap detail yang nantinya diberikan untuk bangunan industri secara keseluruhan. Namun jangan lupa untuk mempertimbangkan sisi pembangunan bagian atapnya dengan lebih baik. Alasannya menyangkut beberapa syarat penting berupa biaya, biaya perawatan, ketahanan terhadap api dan kedap air. 

Untuk sistem atap sendiri Anda bisa mengutamakan agar tidak sampai menimbulkan beberapa hal seperti perawatan, berat, kebocoran, penampilan, akustik dan nilai akustik yang diberikan. Selanjutnya perhatikan juga penggunaan lembaran di setiap lapisan yang mungkin ada di dalam atap. 

Seperti halnya purlins dan defleksi yang menarik di setiap gelombang atapnya. Contohnya seperti penggunaan epilog atau ulet sanggup, lembaran semen, asbes, galvanis, dan tipe bergelombang lainnya. 

4.      Pemilihan lantai

Hal keempat yang menjadi karakteristik penting dalam bangunan industri Kontraktor Konstruksi Industri Karawang adalah terkait bagian lantai yang digunakan. Ternyata untuk kepentingan bangunan industri pemilihan lantainya juga tidak boleh sembarangan harus memenuhi standart yang telah ditentukan. 

Lantai yang digunakan banyak jenisnya asalkan memberikan sisi fungsional yang lebih baik seperti keperluan administrasi, fasilitas, toko, bengkel, produksi dan keperluan lainnya yang masih senada. Anda perlu memperhatikan kondisi pelayanan yang diberikan untuk memilihkan jenis lantai yang lebih sesuai. 

Dalam memilih lantai ini nyatanya Anda harus mempertimbangkan beberapa konsep penting seperti sisi efek tergantung penggunaan kegiatan di dalamnya, suhu, agresi asam sampai dengan ketahanannya terhadap abrasi yang terjadi. Jangan lupa mempertimbangkan sisi ketahanan dan juga perawatan yang mungkin dikeluarkan untuknya. 

Termasuk juga penempatan beberapa mesin seperti mesin getar yang harus dipisahkan dalam lantai yang terlalu dekat. Tujuannya untuk membuat mesin tersebut tidak mudah mengikis bagian lantainya. Cara seperti ini sudah umum dilakukan untuk mendapatkan lantai yang lebih awet dan tidak mudah rusak karena mesin getar. 

Persyaratan Struktur Bangunan Gedung Industri

Selanjutnya dalam bangunan industri Kontraktor Konstruksi Industri Karawang juga ada yang namanya syarat struktur bangunan yang perlu dipahami. Adapun syarat yang dimaksud bisa dilihat sebagai berikut:

  • Melakukan pemeriksaan berkala terkait klasifikasi bangunan yang dimaksud. Kegiatan injuga harus didampingi oleh orang yang ahli dalam bidang sertifikasi yang lebih sesuai. Memang untuk semua yang berkaitan dengan bangunan industri ini tidak boleh asal-asalan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 
  • Ketika hendak melakukan pembongkaran dalam Kontraktor Konstruksi Industri Karawang bisa dilakukan jika bangunan ini tidak berfungsi dengan baik maupun sudah membahayakan orang lain. Sistem pembongkaran yang dilakukan juga harus mempertimbangkan sisi keselamatan dari masyarakat dan lingkungan. Anda perlu tahu bahwa pembangunan ini melibatkan sisi kenyamanan yang dirasakan oleh masyarakat dan juga mungkin menimbulkan gangguan untuk lingkungan sekitar. 
  • Ketika melakukan perencanaan dan pelaksanaan bangunan perawatan struktur bangunan terkait bisa mempertimbangkan syarat dan teknik yang sudah mengaturnya. Hal ini sudah dimasukkan ke dalam pedoman khusus untuk dipelajari. Perencanaan tersebut harus dibuat sebagus mungkin agar hasilnya lebih maksimal dan awet tentunya. 
  • Ketika ingin melakukan perbaikan atau penguatan dalam struktur bangunan terkait maka harus melalui rekomendasi penguji teknis yang memiliki wewenangnya. Hal ini berkaitan dengan konsultasi terkait sisi keselamatan yang diberikan oleh gedungnya. Sama halnya dengan proses perencanaan maka ahli yang diminta untuk mengawasi juga harus konsultan yang mumpuni. 
  • Perlunya melakukan pemeriksaan secara berkala terkait struktur bangunan yang terkait. Tentunya masih menggunakan pedoman teknis yang telah ditentukan. Pedoman ini akan menyelamatkan Anda dari kesalahan pengambilan keputusan. 
  • Jika bangunan yang dimaksud tersebut dibangun di bawah tanah yang terjadi fluktuasi maka struktur bagian bawah tahah itu harus dirancang untuk mampu menopang atau mengatasi masalah tersebut. 
  • Dalam pembuatan struktur bangunan tersebut harus diusahakan untuk sedetail dan semaksimal mungkin untuk memberikan pembebanan maksimal. Alasannya adalah Kontraktor Konstruksi Industri Karawang harus memberikan kemudahan orang di dalamnya menyelamatkan diri. 
  • Segala bentuk struktur yang digunakan di dalam pembangunan industri ini harus dipastikan mampu menopang dari adanya gempa. Harus diperhitungkan dengan baik untuk kemampuannya dalam memikul ukuran gempa yang mungkin menimpanya. 
  • Seluruh bagian bangunan tersebut harus dipastikan lolos dari kemampuan pikulan beban yang lebih berat. Seperti halnya serangan serangga, jamur dan juga korosi dan serangan gempa yang tidak diinginkan. Semuanya harus diperhitungkan dengan baik untuk membuat sisi fungsionalnya menjadi lebih tahan lama. 
  • Semua struktur yang ada di dalam gedung bangunan industri terkait haruslah memiliki kelayanan dalam beberapa hal penting sebagai syaratnya. Seperti halnya syarat untuk kelayanan, keselamatan sampai dengan fungsi keawetan gedung dari penempatan gedung, lokasi dan bangunannya. Hal ini erat hubungannya dengan proses konstruksi yang dilakukan untuk bangunan terkait juga. 

Membangun bangunan gedung industri Kontraktor Konstruksi Industri Karawang memang tidak sepraktis yang dibayangkan. Ada banyak proses dan fase yang perlu dilewati untuk mendapatkan hasil lebih bagus. Begitu juga dengan berbagai macam syarat yang perlu dipenuhi untuk bisa mendapatkan bangunan yang memang diinginkan. Nah, bagi Anda yang sedang mencari jasa perusahaan konstruksi industry, maka PT Nikifour Karawang bisa dijadikan sebagai solusinya. Sebab, PT Nikifour Karawang hadir sebagai perusahaan kontraktor konstruksi industry professional dan berpengalaman di Kawasan-kawasan Karawang. Jadi, tunggu apa lagi, selesaikan persoalan konstruksi industry bersama PT Nikifour Karawang.

sumber:

0 Komentar

Contact Us


Jati Ilir II RT 001/006 - Tunggak Jati - Karawang Barat
Senin - Sabtu: 08.00 - 17.00 | Istirahat: 12.00 - 13.00