Cari Blog Ini

PT Niki Four Sebagai Solusi Jasa Konstruksi dan Maintenance Gedung Pabrik Kawasan Industri

  Bangunan industri merupakan konstruksi bangunan yang memiliki sifat khusus karena faktor konstruksi yang harus disesuaikan dengan fungsi – fungsi yang harus terpenuhi. Karena kebutuhan khusus inilah pekerjaan membangun bangunan atau konstruksi industri membutuhkan layanan konstruksi yang spesifik dan juga membutuhkan layanan perawatan bangunan yang tepat. Layanan dari perusahaan Kontraktor Konstruksi Industri Karawang yang juga mengerjakan tugas – tugas perawatan bangunan bisa menjadi perusahaan yang tepat untuk mengerjakan tugas – tugas tersebut di kawasan Karawang dan sekitarnya. Kebutuhan maintenance atau perawatan gedung merupakan kebutuhan yang secara otomatis muncul setelah sebuah gedung selesai dikerjakan oleh pihak kontraktor konstruksi bangunan dan digunakan untuk tujuan industri oleh perusahaan pemiliknya. Hal ini merupakan kebutuhan yang utama karena memiliki nilai kepentingan yang kompleks baik untuk pemilik modal, manajemen perusahaan maupun seluruh tenaga kerja yang di

Company Profile PT Niki Four, Kontraktor Konstruksi Industri Karawang Berpengalaman dan Terpercaya

Kontraktor konstruksi industri Karawang termasuk profesi yang membutuhkan spesifikasi dan persyaratan khusus. Hal ini karena dalam bidang kerjanya mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan membutuhkan keahlian, ketelitian, dan kemampuan dalam menggunakan teknologi secara spesifik. Lingkup kerjanya pun tidak sembarangan, seperti industri berat, industri dasar, kilang minyak, pertambangan, dan sebagainya. Terdapat risiko besar bila dalam kinerjanya tidak disertai keahlian khusus.   Apakah Anda membutuhkan jasa kontraktor konstruksi industri terpercaya? Sebelum deal menjalin kerjasama dengan kontraktor yang Anda pilih, simak ulasan tentang kontraktor konstruksi industri berikut mencakup tahapan proyek hingga rekomendasi kontraktor terbaik yang layak untuk dipilih. Lebih Mengenal Konstruksi Industri Sebelumnya, konstruksi merupakan istilah yang mengacu pada kegiatan membangun sarana dan prasarana. Di bidang teknik sipil dan arsitektur, istilah ini dikenal pula sebagai satuan infrastruktur

Jasa Kontraktor Konstruksi Industri

Kontraktor Konstruksi Industri Karawang menjadi salah satu jasa yang bisa dikatakan cukup banyak dicari. Hal ini wajar mengingat jasa yang satu ini memang menawarkan banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan oleh pengguna jasanya. Agar bisa memahami lebih detail lagi, simak penjelasan berikut ini.   Pengertian Kontraktor Konstruksi Industri Ketika membahas tentang dunia industri, pastinya anda akan mendengar istilah kontraktor. Ada banyak sekali jasa kontraktor semacam ini dimana salah satunya adalah Kontraktor Konstruksi Industri Karawang . Lalu apa itu sebenarnya jasa kontraktor konstruksi dalam dunia industri? Pada dasarnya jasa industri konstruksi merupakan industri yang sangat penting. Industri konstruksi ini bisa dikatakan sebagai salah satu penyumbang dalam sektor ekonomi. Sehingga sangat wajar jika jasa Kontraktor Konstruksi Industri Karawang ini semakin banyak diminati. Layanan Kontraktor Konstruksi Dalam Dunia Industri Saat ini sudah sangat mudah untuk menemukan jasa Kontra

Kebutuhan Pekerjaan Konstruksi Dan Maintenance Konstruksi Untuk Industri

Pabrik, gedung, kantor serta berbagai bangunan lain merupakan hal yang penting untuk mendukung kelancaran kegiatan industri. Kontraktor Konstruksi Industri Karawang akan mewujudkan segala kebutuhan properti industri sesuai kebutuhan. Terdapat berbagai jenis pekerjaan yang menjadi peluang bagi setiap orang di bidang konstruksi. 


 

Pentingnya Kontraktor untuk Konstruksi Industri

Alasan mengapa kontraktor menjadi pihak yang penting dalam pembangunan konstruksi industri adalah sebagai berikut.

1.      Memberikan rincian anggaran yang matang

Sebelum proses pembangunan dimulai kontraktor akan memberikan rincian anggaran secara detail hingga pembangunan selesai nantinya. Rincian mulai dari jasa desain, pembelian material, hingga anggaran untuk pekerja. Hal tersebut dapat menghindarkan anggaran untuk konstruksi membengkak dan menambah pengeluaran.

2.      Memberikan desain atau rancangan bangunan

Pihak kontraktor akan memberikan rancangan bangunan secara menyeluruh dan mendiskusikan dengan klien. Dengan rancangan tersebut dapat diketahui bentuk bangunan, kebutuhan material, sirkulasi udara dan lain-lain dengan tepat. Tidak hanya berupa 2 dimensi, dengan kecanggihan teknologi desain dapat ditampilkan dengan bentuk 3 dimensi.

3.      Dapat memilih material berkualitas

Kontraktor yang profesional tentu memiliki pengetahuan tentang material yang berkualitas dan tempat untuk mendapatkannya. Hal ini juga yang membuat kontraktor dapat menentukan anggaran sebelum pembangunan dimulai. Menggunakan material berkualitas dan sesuai standar dapat menghemat pengeluaran dalam hal perawatan bangunan.

4.      Pembangunan selesai tepat waktu

Tidak hanya anggaran, kontraktor dapat menyelesaikan pembangunan sesuai dengan estimasi waktu yang diberikan. Untuk menentukan waktu penyelesaian kontraktor akan mempertimbangkan berdasarkan besar bangunan dan jumlah pekerja. Hal ini akan membuat kegiatan industri berjalan sesuai rencana tanpa kendala.

5.      Dapat melakukan maintenance

Seiring berjalannya waktu bangunan akan mengalami perubahan baik karena faktor usia atau karena faktor alam. Untuk menjaga bangunan berfungsi sebagaimana mestinya serta agar bangunan tidak rusak perlu adanya maintenance atau perawatan. Perawatan bisa dilakukan oleh kontraktor yang sudah mengetahui seluk beluk bangunan sejak awal.

Jenis Jenis Kontraktor

Tidak hanya membuat desain dan menjalankan desain bangunan, kontraktor memiliki beberapa jenis.

1.      Kontraktor arsitektur

Kontraktor jenis ini merupakan kontraktor yang paling berguna bagi masyarakat. Pekerjaannya berkaitan dengan teknologi sederhana, menengah hingga tinggi, interior serta pemeliharaan. Selain itu pekerjaan kontraktor ini berupa pengerjaan logam dan kayu, serta fasilitas di luar gedung dan  tempat rekreasi.

2.      Kontraktor sipil

Kontraktor sipil memiliki cakupan kerja dengan kelas tinggi serta menggunakan teknologi canggih dan tinggi. Pekerjaannya berupa pembangunan jembatan, jalanan, jaluk kereta api, bendungan, drainase, konstruksi pabrik, konstruksi tambang, dan lain-lain. Tidak hanya pembangunan berbagai konstruksi, pemeliharaan juga menjadi pekerjaan kontraktor ini.

3.      Kontraktor tata lingkungan

Kontraktor tata lingkungan memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan rencana penataan kota. Pekerjaannya meliputi AMDAL, pengolahan limbah, pengolahan air bersih, dan teknik lingkungan. Selain itu kontraktor juga harus memperhatikan pengembangan wilayah, perpipaan air serta limbah, dan pemeliharaannya.

4.      Kontraktor elektrikal

Kontraktor elektrikal seperti pada Kontraktor Konstruksi Industri Karawang memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan kelistrikan. Pekerjaannya berupa pada pembangkit tenaga listrik, jaringan transmisi tenaga listrik dan telekomunikasi, serta instalasi listrik. Perawatan untuk segala hal tentang kelistrikan juga menjadi pekerjaan kontraktor ini.

5.      Kontraktor mekanikal

Kontraktor mekanikal memiliki pekerjaan mekanikal yang berhubungan dengan alat mesin besar. Pekerjaannya berupa pemasangan AC, ventilasi udara, konstruksi eskalator dan lift, instalasi minyak atau gas, dan lain sebagainya. Kontraktor ini juga dapat menjadi jasa yang menyediakan peralatan konstruksi.

Jenis Pemeliharaan Bangunan

Secara umum terdapat tiga jenis pemeliharaan gedung.

1.      Pemeliharaan rutin (routine maintenance)

Pemeliharaan ini dilakukan agar bangunan tidak mengalami kerusakan dan mempertahankan fungsi bangunan tersebut. Pelaksanaan pemeliharaan rutin dapat dijalankan sesuai dengan jadwal yang ada, misalnya harian dan mingguan. Pemeliharaan rutin berupa pembersihan, pembuangan sampah, pengecatan ulang, pemeriksaan sistem utilitas, dan lain-lain.

2.      Pemeliharaan pencegahan (preventive maintenance)

Pemeliharaan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada bangunan dan mempertahankan keutuhan struktur bangunan. Hal ini dapat meningkatkan daya tahan bangunan. Tindakan ini juga termasuk pencegahan berkelanjutan selama desain dan saat pembangunan untuk mencegah bencana alam, seperti banjir dan badai.

3.      Pemeliharaan perbaikan (corrective maintenance)

Pemeliharaan ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi dari bangunan termasuk kenyamanan bangunan tersebut. Pengelola harus memiliki strategi pemeliharaan perbaikan karena tidak mungkin untuk mencegah kerusakan bangunan secara keseluruhan. Pemeliharaan perbaikan akan memastikan semua berfungsi sebagaimana mestinya. 

Tugas Kontraktor dalam Konstruksi 

Setidaknya terdapat 5 tugas kontraktor dalam pembangunan atau konstruksi, seperti di bawah ini.

1.      Perencanaan proyek

Setiap proyek atau pembangunan memiliki jadwal yang menjelaskan semua kegiatan, disertai pembagian waktu dan rencana anggaran. Dalam jadwal terdapat estimasi waktu penyelesaian yang harus dipenuhi serta konsekuensi jika ada keterlambatan. Namun, jika keterlambatan terjadi karena faktor alam maka bukan tanggung jawab kontraktor. 

2.      Manajemen proyek

Manajemen atau pengelolaan meliputi memastikan ketersediaan dana, bahan, alat konstruksi, pekerja subkontraktor, dan membuat laporan. Kontraktor harus memastikan personelnya memiliki kemampuan dan keahlian teknis yang memadai. Pembayaran untuk personel dan subkontraktor menjadi tanggung jawab kontraktor.

3.      Memantau proyek

Memantau atau monitoring menjadi hal penting agar konstruksi selesai sesuai kontrak dan mencegah adanya gangguan. Pekerjaannya meliputi kontrol kualitas, penggunaan biaya efektif, memastikan ketersediaan material, dan menjamin keamanan konstruksi. Kontraktor harus mempertimbangkan ruang lingkup, waktu dan anggaran dalam mengambil keputusan.

4.      Tanggung jawab untuk hukum dan peraturan

Kontraktor harus mendapatkan izin dan lisensi sebelum pembangunan sembari menanggung biaya dan pajak. Seluruh proses konstruksi juga harus dijalankan sesuai undang-undang dan aturan setempat. Dengan izin konstruksi dan izin kontraktor, pembangunan dapat berjalan lancar tanpa gangguan. 

5.      Tanggung jawab untuk kesehatan dan keselamatan

Kontraktor harus menerapkan prosedur memadai dan meningkatkan kesadaran para pekerja untuk menjamin kesehatan dan keselamatan di area konstruksi. Pengoperasian peralatan yang tepat dan pencegahan kecelakaan juga menjadi tanggung jawab kontraktor. Kontraktor menangani keadaan darurat dan masalah serta melapor pada supervisi klien.

Jenis Pekerjaan di Bidang Konstruksi

Terdapat beberapa peluang kerja di bidang konstruksi di Indonesia, misalnya di bawah ini.

1.      Cost Estimator atau estimator biaya

Sebagai cost estimator keahlian yang dibutuhkan adalah kemampuan matematis, ketelitian, dan ketepatan saat menentukan estimasi biaya proyek. Estimasi biaya meliputi semua tahapan dari awal hingga akhir, seperti izin dan material. Hasil kerja cost estimator menjadi salah satu penentu proyek berjalan dengan sukses atau tidak. 

2.      Construction Manajer atau manajer konstruksi

Construction manager memiliki tanggung jawab memastikan proyek berjalan sesuai jadwal yang ditentukan. Keahlian project management sangat penting agar pekerja dapat bertugas dengan tepat sehingga selesai tepat waktu. Selain itu, kemampuan untuk analisis tenaga kerja dan perkiraan waktu yang bagus penting untuk profesi ini.

3.      Glass Technician atau teknisi kaca

Glass technician memerlukan ilmu geometri dan nyali besar untuk pekerjaannya. Teknisi kaca bertanggung jawab agar kaca terpasang dengan baik untuk pembangunan gedung maupun gedung yang sudah jadi. Pekerjaannya meliputi mengukur, memotong, dan memasang kaca.

4.      Teknisi lift dan eskalator

Teknisi lift dan eskalator harus memiliki kemampuan elektrikal yang baik dan siap setiap saat jika diperlukan. Untuk menjamin keselamatan setiap orang, teknisi ini harus siap untuk melakukan perawatan dan perbaikan. Banyaknya gedung bertingkat membuat profesi ini banyak dibutuhkan.

5.      Insinyur desain

Tanggung jawab seorang insinyur desain adalah membuat rencana semua proyek dan merealisasikan semua desain sesuai usul di awal proyek. Insinyur desain juga harus memastikan semua kegiatan pembangunan berjalan lancar dan mengutamakan keselamatan. 

6.      Arsitek proyek

Arsitek desain memiliki tugas untuk membuat desain dari ide yang disampaikan dan membuat rencana pembangunan berupa gambar. Arsitek juga harus paham akan material bangunan dan memiliki pengetahuan tentang teknologi. Meskipun di bidang sama, arsitek fokus pada rancangan dan pengawasan, sedangkan insinyur fokus pada teknis konstruksi. 

7.      Mandor proyek

Mandor proyek adalah pihak yang mengawasi pekerjaan dari tukang-tukang yang ada di lokasi konstruksi. Mandor harus dapat mengarahkan tukang untuk melaksanakan tugasnya dan melakukan evaluasi atas kinerja tukang. Mandor harus memiliki pengetahuan tentang material bangunan dan proses konstruksi agar pembangunan berjalan lancar. 

8.      Drafter

Drafter dalam konstruksi memiliki tugas untuk membuat gambar kerja sesuai dengan sketsa yang dibuat oleh arsitek. Gambar dari drafter memiliki ukuran dan bentuk yang detail sebagai pedoman untuk pembangunan. Drafter juga bertugas menyesuaikan gambar yang ada di rencana dengan keadaan nyata di lokasi konstruksi.

9.      Surveyor

Surveyor dalam konstruksi memiliki tugas untuk melakukan pengawasan kemudian mengevaluasi dan memberi saran kepada klien tentang desain dan konstruksi bangunan. Surveyor harus membuat laporan yang rinci. Untuk profesi ini harus menguasai ilmu ukur tanah, matematika, teknik gambar bangunan, dan teknik menggunakan alat survey.

10.  Quality control

Seperti namanya, profesi ini memiliki tugas untuk kontrol kualitas untuk melihat hasilnya apakah bagus atau tidak. Staf quality control harus memastikan setiap elemen sesuai standar kualitas saat perancangan dan pembangunan. Untuk menjalankan profesi ini harus mengetahui spesifikasi teknik secara detail dan metode tepat saat memeriksa kualitas.

11.  Tukang

Dalam proyek konstruksi tukang memiliki peran penting, meliputi tukang kayu, tukang batu, dan tukang besi. Setiap tukang yang bekerja pada sebuah proyek tentu sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman memadai. Keselamatan dan kesehatan menjadi hal yang tidak kalah penting untuk profesi tukang bahkan seluruh pihak konstruksi. 

PT. Niki Four

PT. Niki Four merupakan perusahaan General Kontraktor rancang-bangun dan pemeliharaan gedung yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Memiliki motto “We Provide You Dynamic Convenient Services”, pelayanan maksimal untuk pelanggan menjadi hal utama. Sejak tahun 2008 banyak pelanggan dari perusahaan maupun perorangan menggunakan jasa PT. Niki Four.

PT. Niki Four melayani berbagai keperluan untuk sipil dan konstruksi, pemeliharaan bangunan, kelistrikan dalam industri, dan desain. Perusahaan ini sudah memiliki legalitas resmi dan jaminan kesehatan untuk pekerja agar klien dan pekerja merasa nyaman. Klien akan mendapatkan layanan terbaik dan penawaran harga yang bersaing.

Tidak hanya untuk pembangunan, Kontraktor Konstruksi Industri Karawang akan memastikan maintenance bangunan berjalan lancar. Salah satu kontraktor di Karawang adalah PT. Niki Four yang sudah berpengalaman. Dengan kontraktor berpengalaman dan profesional, konstruksi akan berjalan lancar dan aman. 

Referensi:

0 Komentar

Contact Us


Jati Ilir II RT 001/006 - Tunggak Jati - Karawang Barat
Senin - Sabtu: 08.00 - 17.00 | Istirahat: 12.00 - 13.00