Cari Blog Ini

Mengenal Klasifikasi Bangunan Industri beserta Sub-Klasifikasinya

Karawang memiliki kawasan industri yang cukup strategis dengan berbagai akses transportasi yang memudahkan operasional bisnis. Oleh sebab itu, banyak dibuat bangunan industri untuk mendukung berbagai kegiatan dalam bidang industri. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai klasifikasi bangunan industri yang pembangunannya dilakukan oleh kontraktor konstruksi industri Karawang. Berikut penjelasan lengkapnya.   Pengertian Bangunan Industri Sebelum membahas lebih jauh terkait bangunan industri, perlu diketahui dulu pengertian dari industri itu sendiri. Industri adalah suatu kegiatan ekonomi atau suatu bidang yang berkaitan dengan pengolahan berbagai bahan baku, pembuatan barang jadi, dan penggunaan peralatan di bidang pengolahan. Bidang industri terdiri dari industri barang dan juga industri jasa, yang mana industri barang ini berkaitan dengan pengolahan bahan mentah yang dibuat menjadi barang setengah jadi atau bisa juga menjadi barang jadi, sehingga dihasilkan berbagai jenis barang produk

Company Profile PT Niki Four, Kontraktor Konstruksi Industri Karawang Berpengalaman dan Terpercaya

Kontraktor konstruksi industri Karawang termasuk profesi yang membutuhkan spesifikasi dan persyaratan khusus. Hal ini karena dalam bidang kerjanya mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan membutuhkan keahlian, ketelitian, dan kemampuan dalam menggunakan teknologi secara spesifik. Lingkup kerjanya pun tidak sembarangan, seperti industri berat, industri dasar, kilang minyak, pertambangan, dan sebagainya. Terdapat risiko besar bila dalam kinerjanya tidak disertai keahlian khusus.   Apakah Anda membutuhkan jasa kontraktor konstruksi industri terpercaya? Sebelum deal menjalin kerjasama dengan kontraktor yang Anda pilih, simak ulasan tentang kontraktor konstruksi industri berikut mencakup tahapan proyek hingga rekomendasi kontraktor terbaik yang layak untuk dipilih. Lebih Mengenal Konstruksi Industri Sebelumnya, konstruksi merupakan istilah yang mengacu pada kegiatan membangun sarana dan prasarana. Di bidang teknik sipil dan arsitektur, istilah ini dikenal pula sebagai satuan infrastruktur

Industrial Construction: Why You Need To Get It

Industrial construction is a vital part of any business. It helps you to create products and services that people need and want. But, like anything else, industrial construction has its own risks and challenges that you need to be aware of. In this article, we'll take a look at some of the most common reasons why industrial construction can go wrong and how you can mitigate them.   The Pros and Cons of Industrial Construction Industrial construction is a booming industry with a lot of benefits to both the construction company and the end user. Here are some of the pros and cons of industrial construction: Pros: Industrial construction is an extremely versatile industry that can be used for a variety of projects. Industrial construction can be completed quickly, which is important when deadlines need to be met.  The workers in industrial construction are usually highly skilled, which means they are able to complete complex projects quickly and accurately.  Industrial constructio

Bingung Memilih Lokasi Pembangunan Pabrik, Begini Penjelasan Selengkapnya

Dunia industri tetap saja akan terus berkembang. Bahkan pembangunan pabrik di dalam negeri juga semakin meningkat seperti pada daerah Karawang. Dimana pemilik proyek kerap menggunakan jasa Kontraktor Konstruksi Industri Karawang dalam pembangunan pabrik industri.

Selain menggunakan jasa Kontraktor Konstruksi Industri Karawang. Setidaknya Anda juga harus tahu apa saja sih yang perlu diperhatikan ketika akan membangun pabrik. Mulai dari menentukan sebuah lokasi hingga hal lain yang cukup penting untuk diperhatikan terlebih dahulu.


 

Faktor penting penentuan lokasi pabrik

Seperti yang dijelaskan jika pembangunan suatu pabrik masih tetap meningkat dalam kondisi apapun. Bahkan setiap tahunnya kerap ada pabrik yang didirikan pada berbagai daerah. Namun sebenarnya dalam membangun pabrik ada beberapa hal yang wajib diperhatikan.

Salah satunya adalah tentang faktor yang mempengaruhi penentuan letak lokasi pabrik. Sebab membangun pabrik yang salah dalam menentukan lokasinya juga akan mempersulit proses produksi maupun distribusi.

Maka dari itu jika Anda ingin membangun pabrik, alangkah baiknya untuk membaca beberapa penjelasan yang ada di bawah ini. Berikut merupakan beberapa penjelasan seputar beberapa faktor yang bisa menjadi pertimbangan dalam pembangunan pabrik.

1. Lokasi harus dekat dengan target pasar

Salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah biaya. Bahkan biaya distribusi produk yang Anda tawarkan juga perlu diperhatikan dengan baik. Biaya akan semakin meningkat ketika jarak distribusi juga semakin jauh.

Anda juga perlu tahu faktor tersebut. Lantas bagaimana cara untuk mengatasi pembengkakan harga distribusi yang didapatkan. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah membangun sebuah pabrik produksi brand yang akan dipasarkan pada area lokasi dekat dengan target pasar.

Sebab lokasi produksi yang berjarak dekat dengan calon konsumen akan memperpendek jarak tempuh distribusi. Tentunya hal tersebut bisa membuat pengeluaran pada sisi distribusi menjadi lebih terkendali dengan baik.

Bahkan pemangkasan pengeluaran dana juga bisa sangat terasa ketika jarak tempuh distribusi sedikit lebih pendek.

2. Dekat dengan bahan pemasok

Sebuah produk bisa tercipta tentunya harus ada dukungan bahan dasar. Anda sebagai pemilik pabrik juga tentunya sudah sadar akan kebutuhan tersebut. Namun tahukah Anda jika jarak distribusi pasokan bahan dasar produk juga bisa mempengaruhi pembengkakan pengeluaran lho.

Seperti pada poin satu, jika jarak distribusi pasokan bahan dasar semakin jauh akan semakin membutuhkan biaya yang lumayan besar. Maka dari itu diperlukan sebuah cara yang bisa mendukung pemotongan biaya distribusi pasokan bahan baku.

Nah membangun pabrik yang dekat dengan lokasi pasokan bahan baku adalah pilihan yang bisa digunakan. Pasalnya hal ini memang benar-benar bisa memotong jarak tempuh dan biaya yang dikeluarkan selama proses distribusi bahan baku.

3. Fasilitas transportasi

Meski Anda sudah memiliki mobil pengangkut barang yang akan didistribusikan. Namun fasilitas transportasi lain juga perlu diperhatikan lho. Misalnya Anda memiliki target pasar terbesar di Jakarta.

Sedangkan pabrik Anda berada di luar Jakarta seperti daerah Palembang. Tentunya dibutuhkan beberapa fasilitas transportasi pendukung lain agar barang produksi bisa tetap terkirim dengan tepat dan aman.

Setiap fasilitas transportasi pendukung selalu memiliki harga yang berbeda. Mulai dari fasilitas transportasi darah, air dan udara semuanya memiliki biaya yang berbeda. Hal ini juga berlaku untuk sistem distribusi bahan baku.

Jika bahan baku yang Anda butuhkan berada di luar jangkauan jarak dekat. Maka akan membuahkan fasilitas transportasi pendukung. Pada hal ini Anda sebagai pelaku bisnis juga wajib memperhatikan dan mengkalkulasi setiap biaya yang dibutuhkan.

Akan lebih aman jika Anda memiliki pabrik dengan fasilitas transportasi pendukung yang cukup memadai.

4. Adanya dukungan infrastruktur

Memiliki pabrik bukan hanya tentang barang yang akan dijual. Namun dukungan infrastruktur juga perlu diperhatikan juga. Infrastruktur tersebut adalah seperti ketersediaan listrik, air, pengolahan limbah dan lain sebagainya.

Jika sebuah lokasi sudah mendukung ketersediaan infrastruktur tersebut. Maka memiliki lokasi tersebut bukanlah hal mustahil. Selalu ingat jika ketersediaan infrastruktur itu wajib ada. Maka pilihlah lokasi yang memang memberikan kemudahan bagi Anda.

5. Ketersediaan tenaga kerja

Berikutnya adalah ketersediaan tenaga kerja. Lokasi terbaik untuk mendirikan pabrik adalah yang memiliki kondisi ketersediaan tenaga kerja. Dimana semakin mudah mendapatkan tenaga kerja juga akan semakin memperlancar proses produksi yang dilakukan.

Selain itu perhatikan juga kebijakan gaji yang diberikan. Setiap daerah memiliki batas minimum upah yang diberikan. Pahami betul dengan adanya sebuah pabrik juga diharapkan turut andil mengentaskan angka kemiskinan.

6. Kebijakan pemerintah

Anda juga perlu memperhatikan kebijakan pemerintah yang berlaku. Meski ada aturan yang terpusat. Namun setiap daerah juga bisa memiliki aturan-aturan tertentu yang wajib diketahui oleh para calon pendiri pabrik.

Perhatikan bagaimana pajak pada daerah tersebut, standarisasi, ketenagakerjaan dan peraturan-peraturan lainnya. Yang dimaksud dengan peraturan lain adalah yang bersangkutan terhadap keuangan, industri, perdagangan dan juga lingkungan daerah tersebut.

7. Faktor geologi dan iklim

Salah satu hal yang mempengaruhi pola perilaku suatu masyarakat dalam suatu daerah adalah faktor geologi dan iklim. Maka dari itu karena berhubungan dengan proses produksi yang membutuhkan tenaga kerja manusia. Perhatikan betul faktor geologi dan iklim daerah setempat.

8. Layanan dukungan

Tak semua daerah memiliki kelayakan dan kemudahan terhadap layanan dukungan. Layanan dukungan yang dimaksud adalah segi pendidikan, teknologi (Internet), jasa perbankan, layanan konsultasi, kesehatan dan sipil.

Semakin mudah mendapatkan layanan pendukung tersebut akan mempermudah Anda untuk mendirikan suatu pabrik. Karena setiap layanan tersebut memang dibutuhkan pada proses produksi yang akan dilangsungkan.

PT. Niki Four

Mendirikan pabrik tak bisa dilakukan dengan mudah. Banyak faktor yang perlu diperhatikan. Mulai dari anggaran biaya pembangunan, tenaga, dukungan material dan yang lainnya. Meski bisa dilakukan sendiri, namun tetap saja memakan waktu yang cukup banyak.

Semua itu bisa teratasi dengan bantuan PT. Niki Four. Dimana PT. Niki Four adalah sebuah perusahaan yang berak di bidang konstruksi. Tak hanya bisa membantu dalam proses pembangunan suatu konstruksi seperti pabrik saja.

Namun PT. Niki Four juga mampu memberikan pelayanan lain yang nyatanya sangat dibutuhkan oleh suatu pabrik. Mulai dari instalasi listrik, jaringan, building maintenance, renovasi bahkan pelapisan suatu area menggunakan epoxy.

PT. Niki Four menjamin kualitas terbaik dalam memberikan pelayanannya. Dapat dilihat dari berbagai macam client yang sudah ditanganinya dalam beberapa tahun PT. Niki Four tersebut berdiri. Tentunya agar lebih jelas terkait dengan apa sih sebenarnya PT. Niki Four.

Anda bisa mengunjungi situs resmi PT. Niki Four atau melalui www.nikifour.co.id. Semua kebutuhan informasi bisa Anda dapatkan pada website tersebut. Masih kurang yakin, langsung saja hubungi contact person yang tertera pada website tersebut.

Lakukan konsultasi seputar bidang kontruksi yang akan Anda bangung. Dengan bantuan PT. Niki Four, pembangunan konstruksi pabrik Anda akan semakin lebih mudah.

Keuntungan menggunakan jasa kontraktor

Menggunakan jasa pembangunan konstruksi seperti PT. Niki Four terbilang cukup banyak sekali memberikan keuntungan lho. Selain mempercepat dan mempermudah proses pembangunan masih ada keuntungan lain yang bisa kalian dapatkan dari menggunakan jasa kontraktor seperti PT. Niki Four.

Lantas apa saja keuntungan yang akan didapatkan dari penggunaan jasa kontraktor seperti PT. Niki Four. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

1. Mempermudah Perencanaan Anggaran

Salah satu hal paling susah dalam pembangunan suatu konstruksi seperti pabrik adalah pada bagian rencana anggaran yang digunakan. Meski bisa dilakukan, namun resiko melampaui batas maksimum anggaran juga akan terjadi.

Namun berbeda cerita ketika Anda menggunakan jasa kontraktor. Semua hitungan perencanaan anggaran bisa lebih mudah. Anda tidak perlu hitung sana-sini dengan ribet. Bahkan Anda juga hanya tinggal terima jadi.

Resiko pembengkakan anggaran jadi lebih sedikit. Karena para jasa kontraktor sudah mengetahui harga yang berhubungan dengan pembangunan konstruksi yang paling baru.

2. Terima jadi

Berbeda dengan merencanakan semua secara mandiri. Tentunya membutuhkan waktu dan tenaga lebih. Namun bagaimana jika Anda memutuskan menggunakan jasa kontraktor. Tentunya semua kebutuhan yang berhubungan dengan pembangunan konstruksi pabrik akan lebih mudah.

Anda sebagai pemilik pabrik hanya akan terima jadi. Mulai dari rencana anggaran, material yang dibutuhkan, bentuk bangunan, pekerja, bahkan jaminan kualitas bangunan juga akan Anda dapatkan dengan lebih mudah.

3. Adanya garansi

Setiap bangunan selalu memiliki masa kekuatan. Namun jasa kontraktor selalu bicara tentang kualitas bangunan yang cukup lama. Namun terkadang ada beberapa hal yang tak terduga dan bahkan bisa membuat Anda merasa dirugikan.

Maka dari itu penting untuk mengetahui apakah jasa kontraktor tersebut memberikan pelayanan seperti garansi bangunan. Sebab jika bangunan tersebut mengalami kerusakan sebelum waktu yang telah diestimasikan sebelumnya. Maka Anda masih bisa mendapatkan ganti rugi sesuai dengan janji pada kontrak.

4. Tepat waktu

Jasa kontraktor kerap kali mengetahui estimasi yang dibutuhkan dalam pembuatan suatu bangunan konstruksi seperti pabrik. Bahkan dalam jika Anda membutuhkan sebuah pembangunan dalam kondisi super cepat.

Pasa jasa kontraktor kerap kali bisa membantu. Namun harga yang diberikan juga terbilang cukup besar. Keluar dari itu semua, setiap jasa kontraktor selalu memiliki jadwal pekerjaan yang ditentukan sebelumnya.

Jadwal pengerjaan suatu bangunan ini bisa Anda gunakan sebagai acuan juga. Sehingga Anda juga secara tidak langsung berapa persen kemajuan proyek pembangunan pabrik sedang berlangsung.

5. Dapat dipantau

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dengan adanya sebuah jadwal akan mempermudah Anda untuk memantau kemajuan proyek yang sedang dikerjakan oleh jasa kontraktor.

6. Kontrak jelas

Setiap jasa kontraktor akan memberikan sebuah kontrak perjanjian kepada Anda. Mereka akan menjelaskan semuanya pada kontrak dengan jelas. Mulai hak, kewajiban, ganti rugi, kebijakan hukum, pelayanan dan lain sebagainya.

Adanya kontrak ini juga akan memberikan Anda kemudahan untuk menghindari adanya penipuan. Sebab uang yang Anda bayarkan terbilang cukup besar. Jika saja menjadi korban penipuan tentunya akan sangat dirugikan.

Maka dari itu kontrak yang sudah sah secara hukum akan mempermudah Anda untuk memiliki kerjasama yang terbilang cukup aman.

Nah itulah beberapa penjelasan seputar kelebihan menggunakan jasa Kontraktor Konstruksi Industri Karawang seperti PT. Niki Four. Dimana akan banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan jasa kontraktor tersebut.

Link sumber

  1. 99.co/
  2. ilmumanajemenindustri.com
  3. nikifour.co.id
  4. legalzoom.com

0 Komentar

Contact Us


Jati Ilir II RT 001/006 - Tunggak Jati - Karawang Barat
Senin - Sabtu: 08.00 - 17.00 | Istirahat: 12.00 - 13.00