Cari Blog Ini

Mengenal Klasifikasi Bangunan Industri beserta Sub-Klasifikasinya

Karawang memiliki kawasan industri yang cukup strategis dengan berbagai akses transportasi yang memudahkan operasional bisnis. Oleh sebab itu, banyak dibuat bangunan industri untuk mendukung berbagai kegiatan dalam bidang industri. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai klasifikasi bangunan industri yang pembangunannya dilakukan oleh kontraktor konstruksi industri Karawang. Berikut penjelasan lengkapnya.   Pengertian Bangunan Industri Sebelum membahas lebih jauh terkait bangunan industri, perlu diketahui dulu pengertian dari industri itu sendiri. Industri adalah suatu kegiatan ekonomi atau suatu bidang yang berkaitan dengan pengolahan berbagai bahan baku, pembuatan barang jadi, dan penggunaan peralatan di bidang pengolahan. Bidang industri terdiri dari industri barang dan juga industri jasa, yang mana industri barang ini berkaitan dengan pengolahan bahan mentah yang dibuat menjadi barang setengah jadi atau bisa juga menjadi barang jadi, sehingga dihasilkan berbagai jenis barang produk

Industrial Construction: Why You Need To Get It

Industrial construction is a vital part of any business. It helps you to create products and services that people need and want. But, like anything else, industrial construction has its own risks and challenges that you need to be aware of. In this article, we'll take a look at some of the most common reasons why industrial construction can go wrong and how you can mitigate them.   The Pros and Cons of Industrial Construction Industrial construction is a booming industry with a lot of benefits to both the construction company and the end user. Here are some of the pros and cons of industrial construction: Pros: Industrial construction is an extremely versatile industry that can be used for a variety of projects. Industrial construction can be completed quickly, which is important when deadlines need to be met.  The workers in industrial construction are usually highly skilled, which means they are able to complete complex projects quickly and accurately.  Industrial constructio

Company Profile PT Niki Four, Kontraktor Konstruksi Industri Karawang Berpengalaman dan Terpercaya

Kontraktor konstruksi industri Karawang termasuk profesi yang membutuhkan spesifikasi dan persyaratan khusus. Hal ini karena dalam bidang kerjanya mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan membutuhkan keahlian, ketelitian, dan kemampuan dalam menggunakan teknologi secara spesifik. Lingkup kerjanya pun tidak sembarangan, seperti industri berat, industri dasar, kilang minyak, pertambangan, dan sebagainya. Terdapat risiko besar bila dalam kinerjanya tidak disertai keahlian khusus.


 

Apakah Anda membutuhkan jasa kontraktor konstruksi industri terpercaya? Sebelum deal menjalin kerjasama dengan kontraktor yang Anda pilih, simak ulasan tentang kontraktor konstruksi industri berikut mencakup tahapan proyek hingga rekomendasi kontraktor terbaik yang layak untuk dipilih.

Lebih Mengenal Konstruksi Industri

Sebelumnya, konstruksi merupakan istilah yang mengacu pada kegiatan membangun sarana dan prasarana. Di bidang teknik sipil dan arsitektur, istilah ini dikenal pula sebagai satuan infrastruktur di suatu area atau beberapa area. Sebagai contoh konstruksi jembatan, konstruksi jalan raya, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, proyek konstruksi bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Dua diantaranya ada konstruksi industri dan konstruksi komersial. Masih banyak miskonsepsi mengenai 2 jenis konstruksi ini, padahal keduanya jelas berbeda. Karenanya sebelum memberikan rekomendasi kontraktor konstruksi industri Karawang terpercaya, berikut sekilas perbedaan konstruksi industri dan konstruksi komersial yang perlu Anda ketahui.

1. Konstruksi Industri

Kontraktor konstruksi industri terpercaya menitikberatkan pada kegiatan konstruksi bisnis yang berkaitan dengan barang-barang manufaktur, seperti pabrik, pembangkit listrik, kilang, dan lain-lain. Dalam proyek konstruksi industri juga melibatkan struktur bangunan yang membutuhkan seorang ahli dengan spesialisasi tingkat tinggi. Seorang ahli yang memiliki kemampuan mulai dari perencanaan desain hingga keterampilan teknis.

Proyek konstruksi contohnya bisa ditemui di industri kimia yang memiliki proyek membangun kilang minyak. Contoh lainnya bisa juga proyek di industri pembangkit listrik berupa proyek pembangunan struktur pembangkit listrik tenaga air, pembangkit listrik tenaga nuklir, atau lainnya.

Tentunya hanya kontraktor konstruksi industri terpercaya yang bisa diberikan amanat tugas ini. Karena jelas terlihat konstruksi industri membutuhkan perencanaan komprehensif mulai dari struktural hingga arsitektural. Pembuatan rencana desain pun membutuhkan ketelitian tingkat lebih, engineering, perencanaan fungsi, hingga proses kontrol dan pengawasan super ketat.

2. Konstruksi Komersial

Konstruksi komersial mengacu pada konstruksi bisnis yang dilakukan dengan motif tunggal untuk mendapatkan keuntungan. Untuk jenis bangunan komersial yang dikerjakan biasanya meliputi rumah sakit, restoran, toko kelontong, pusat ritel, fasilitas olahraga, sekolah dan universitas swasta.

Pihak-pihak yang dipekerjakan pada proyek konstruksi komersial umumnya para insinyur dan arsitek khusus. Mereka bertugas membuat rancangan bangunan sesuai dengan keinginan dari pemilik proyek.

Tahapan Kontraktor Konstruksi Industri

Pekerjaan kontraktor konstruksi industri Karawang di bidang konstruksi industri secara garis besar mencakup 4 tahapan proyek. Keempat tahapan tersebut diantaranya planning, design, pengadaan, dan construction. Berikut penjelasan masing-masing:

1. Planning atau Perencanaan

Pada tahap pertama ini ditetapkan garis-garis besar rencana proyek yang akan dilakukan. Beberapa hal yang dilakukan diantaranya merekrut tenaga konsultan, melakukan briefing, meninjau kelayakan proyek dengan studi langsung ke lokasi, pemilihan desain yang sesuai, mengelola perihal budgeting hingga masalah financing.

2. Design atau Perancangan

Tahap kontraktor konstruksi industri terpercaya kedua umumnya dilaksanakan dalam 3 kali masa periode. Ketiga periode yang dimaksud diantaranya periode pra rancangan (preliminary design), periode pengembangan rancangan (design development), dan periode desain akhir. Setelah desain akhir disepakati biasanya akan disertai dengan persiapan final design and construction document atau desain akhir dan dokumen pelaksanaan.

3. Pengadaan dan Pelelangan

Tahapan berikutnya merupakan tahapan pengadaan konsultan perencanaan dan sekaligus pengadaan kontraktor. Jasa kontraktor konstruksi industri Karawang yang kredibel dan sudah berpengalaman dibutuhkan sebagai jaminan proyek Anda bisa berlangsung lancar tanpa kendala berarti. Jika pun ditemui kendala pihak kontraktor berpengalaman mampu memberikan opsi solusi terbaik.

Pengadaan yang dimaksud juga meliputi pengadaan material bangunan, perlengkapan konstruksi, dan peralatan yang dibutuhkan. Di mana selanjutnya dilakukan perhitungan dan pemilihan berdasarkan pihak yang memenangkan tender atau lelang.

4. Construction atau Pelaksanaan Pembangunan

Terakhir adalah tahap pelaksanaan pembangunan konstruksi fisik oleh kontraktor konstruksi industri terpercaya. Konstruksi dibangun sesuai dengan konsep desain yang sudah final. Setelah Surat Perintah Kerja (SPK) resmi dirilis, maka pelaksanaan pembangunan bisa segera dimulai berdasar tenggat waktu yang telah disepakati.

Tahap terakhir ini bisa dibilang tahap paling sulit. Pasalnya dalam implementasinya diperlukan kegiatan terjun langsung ke lapangan, kalkulasi detail, dan problem solving pada kemungkinan kendala atau masalah yang bisa jadi muncul di waktu mendatang.

Pada tahap ini dibutuhkan kinerja profesional dari kontraktor konstruksi industri terpercaya. Di mana sudah seharusnya kontraktor terpilih mampu bekerja sesuai dengan jadwal yang disepakati dan memanfaatkan pendanaan yang diberikan sebaik mungkin serta bertanggung jawab. Kontraktor yang handal juga senantiasa mengutamakan keselamatan, mulai dari keselamatan pekerja, lingkungan kerja, dan peralatan safety.

Melalui serangkaian tahap di atas, diharapkan proyek dapat dirampungkan sesuai dengan keinginan pemilik. Namun, mengingat keberadaan produk kontraktor konstruksi industri Karawang sedikit banyak memberi pengaruh atau dampak ke lingkungan, maka dibutuhkan produk yang ramah lingkungan. Hal ini bisa diupayakan dengan konstruksi berteknologi ramah lingkungan.

Teknik ini berprinsip pada pembangunan proyek secara bertanggung jawab, baik untuk lingkungan sekitar dan penggunaan SDA (Sumber Daya Alam) secara umum. Di mana teknik diterapkan mulai dari praktik membuat perencanaan, desain, pengerjaan di lokasi, pemeliharaan, hingga pembongkaran.

Teknik kontraktor konstruksi industri terpercaya ini tidak berbeda jauh dibanding teknik konvensional. Konstruksi berteknologi ramah lingkungan juga mempertimbangkan beberapa aspek. Mulai dari nilai ekonomis, daya tahan, dan utilitas. Aspek daya tahan sendiri menjadi satu hal yang begitu diperhatikan dalam proyek konstruksi.

Pihak yang Terkait dalam Proyek

Bila Anda menghendaki proyek berjalan lancar, tepat waktu, dan sesuai target biaya, maka bisa menemukan kontraktor konstruksi industri Karawang yang profesional terpercaya adalah keharusan. Adapun berdasarkan pada kegiatan konstruksi yang dilakukan, selanjutnya diketahui ada beberapa pihak yang terlibat dengan tugas dan kewajiban masing-masing. Berikut diantaranya:

5. Pemilik Proyek

Pemilik proyek merupakan pihak yang memberikan ketersediaan tanah atau lahan untuk melangsungkan proyek konstruksi. Pihak pemilik memiliki tanggung jawab terkait budgeting atau pendanaan untuk menyelenggarakan proyek sesuai jenis konstruksi yang akan digarap.

Adapun owner atau pemilik proyek dapat berasal dari perseorangan ataupun perusahaan. Akan tetapi, kontraktor konstruksi industri terpercaya memang dominan ditunjuk untuk menggarap proyek skala besar dari perusahaan, baik perusahaan swasta ataupun milik negara.

6. Penyedia Jasa

Penyedia jasa ini dapat mencakup konsultan, kontraktor, dan sub kontraktor. Penyedia jasa memberikan layanan dengan tujuan membantu kinerja pemilik proyek agar proyek dapat terselenggara sebagaimana mestinya sesuai harapan. Penyedia jasa bertanggung jawab melakukan perancangan mulai dari awal hingga proyek selesai.

Salah satu pihak yang terlibat dalam proyek mulai dari perencanaan awal yaitu konsultan. Konsultan sendiri dibedakan menjadi beberapa komponen seperti arsitek, insinyur perancangan, insinyur pengawas, dan lainnya.

Sementara pihak penyedia jasa pembuatan atau pembangunan konstruksi disebut dengan kontraktor umum. Dimana ada pula sub kontraktor atau kontraktor spesialis seperti kontraktor konstruksi industri terpercaya yang bertugas membantu kontraktor umum untuk merampungkan proyek yang dikerjakan.

Rekomendasi Kontraktor Konstruksi Industri Karawang

Siapa kontraktor konstruksi industri Karawang yang layak diajak kerjasama menjalankan proyek Anda? Jawabannya tentu kontraktor yang terbukti sudah berpengalaman dan terpercaya. Dalam hal ini ada satu nama kontraktor konstruksi industri yang patut dipertimbangkan, yaitu PT Niki Four.

1. Profile PT Niki Four

PT Niki Four merupakan perusahaan General Kontraktor yang berpusat di kota Karawang, Jawa Barat. Sejak resmi berdiri pada 22 Desember 2008, PT Niki Four terus berupaya memberikan service terbaik di bidang design, building, hingga building maintenance. Tidak hanya memberikan jasa di bidang konstruksi, tetapi kami juga melayani pengadaan barang, memberi layanan teknik, hingga memenuhi kebutuhan perawatan ataupun renovasi gedung mekanikal elektrikal.

Sebagai kontraktor konstruksi industri Karawang terbaik, PT Niki Four selalu berupaya memberi kontribusi optimal kepada para klien, baik klien personal maupun perusahaan. Semuanya sesuai dengan moto kami “we provide you dynamic convenient services.” Kami bekerja dengan profesional, bertanggung jawab, konsisten, tepat waktu, solutif, dan mengutamakan kejujuran. Sehingga pekerjaan bisa terlaksana dengan lancar sesuai harapan.

2. Fokus Layanan PT Niki Four

Daerah Karawang dan sekitarnya kini telah menjelma menjadi kawasan industri. Karenanya hal ini turut berdampak pada perkembangan perekonomian di daerah sekitar, didapati stimulus perekonomian di sana semakin baik dan maju.

Melihat adanya kemajuan industri di Karawang jelas akan disertai peningkatan akan kebutuhan pekerjaan sipil dan konstruksi. Wajar jika semakin banyak pula yang menawarkan jasa kontraktor konstruksi industri terpercaya. Berbekal pengalaman yang sudah dimiliki PT. Niki Four hadir menawarkan beberapa pelayanan yang pastinya dibutuhkan. Berikut ini fokus layanan dari PT Niki Four, diantaranya:

1. Sipil dan Konstruksi

Sebagai kontraktor konstruksi industri Karawang yang profesional kami melayani pekerjaan sipil dan konstruksi meliputi penyediaan bahan-bahan kebutuhan, pembuatan desain layout, perancangan bentuk bangunan, hingga pelaksanaan. Kami juga melayani kebutuhan pabrikasi, renovasi, repair, dan lain sebagainya.

2. Building Maintenance

Untuk kebutuhan building maintenance, PT Niki Four juga mampu melakukan pengadaan atau penyediaan bermacam material yang dibutuhkan dalam proyek, baik bahan aluminium, besi, cat, atau lainnya. Kami juga menyediakan tukang atau tenaga kerja profesional yang dapat bekerja dengan sistem harian ataupun borongan.

3. Electrical Industri

Pelayanan kontraktor konstruksi industri Karawang lainnya mencakup kegiatan electrical industri. Diantaranya seperti penarikan kabel, grounding panel listrik, penangkal petir, instalasi listrik, tescommisioning, terminal panel mesin, dan lain sebagainya.

4. Jasa Desain Layout

Layanan ini meliputi desain layout 2 dimensi (2D) maupun 3 dimensi (3D). Lebih lanjutnya PT Niki Four juga menyediakan produksi lighting, signed, furniture, taman, dan beberapa hal lain yang berhubungan dengan landscape dan interior.

Demikian kilas ulasan tentang profil PT. Niki Four. Layanan terbaik senantiasa diberikan kepada para klien agar mendapat hasil memuaskan seperti yang diharapkan. Karenanya wajar jika PT. Niki Four termasuk kontraktor konstruksi industri Karawang recommended, perusahaan kontraktor konstruksi industri berpengalaman di kawasan-kawasan industri di Karawang.

Referensi:

  1. id.wikipedia.org
  2. nikifour.co.id
  3. alitaconstructions.com.au
  4. dekoruma.com
  5. stevensec.com

0 Komentar

Contact Us


Jati Ilir II RT 001/006 - Tunggak Jati - Karawang Barat
Senin - Sabtu: 08.00 - 17.00 | Istirahat: 12.00 - 13.00