Cari Blog Ini

Company Profile PT Niki Four, Kontraktor Konstruksi Industri Karawang Berpengalaman dan Terpercaya

Kontraktor konstruksi industri Karawang termasuk profesi yang membutuhkan spesifikasi dan persyaratan khusus. Hal ini karena dalam bidang kerjanya mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan membutuhkan keahlian, ketelitian, dan kemampuan dalam menggunakan teknologi secara spesifik. Lingkup kerjanya pun tidak sembarangan, seperti industri berat, industri dasar, kilang minyak, pertambangan, dan sebagainya. Terdapat risiko besar bila dalam kinerjanya tidak disertai keahlian khusus.   Apakah Anda membutuhkan jasa kontraktor konstruksi industri terpercaya? Sebelum deal menjalin kerjasama dengan kontraktor yang Anda pilih, simak ulasan tentang kontraktor konstruksi industri berikut mencakup tahapan proyek hingga rekomendasi kontraktor terbaik yang layak untuk dipilih. Lebih Mengenal Konstruksi Industri Sebelumnya, konstruksi merupakan istilah yang mengacu pada kegiatan membangun sarana dan prasarana. Di bidang teknik sipil dan arsitektur, istilah ini dikenal pula sebagai satuan infrastruktur

Jasa Kontraktor Konstruksi Industri

Kontraktor Konstruksi Industri Karawang menjadi salah satu jasa yang bisa dikatakan cukup banyak dicari. Hal ini wajar mengingat jasa yang satu ini memang menawarkan banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan oleh pengguna jasanya. Agar bisa memahami lebih detail lagi, simak penjelasan berikut ini.   Pengertian Kontraktor Konstruksi Industri Ketika membahas tentang dunia industri, pastinya anda akan mendengar istilah kontraktor. Ada banyak sekali jasa kontraktor semacam ini dimana salah satunya adalah Kontraktor Konstruksi Industri Karawang . Lalu apa itu sebenarnya jasa kontraktor konstruksi dalam dunia industri? Pada dasarnya jasa industri konstruksi merupakan industri yang sangat penting. Industri konstruksi ini bisa dikatakan sebagai salah satu penyumbang dalam sektor ekonomi. Sehingga sangat wajar jika jasa Kontraktor Konstruksi Industri Karawang ini semakin banyak diminati. Layanan Kontraktor Konstruksi Dalam Dunia Industri Saat ini sudah sangat mudah untuk menemukan jasa Kontra

PT Niki Four Sebagai Solusi Jasa Konstruksi dan Maintenance Gedung Pabrik Kawasan Industri


 

Bangunan industri merupakan konstruksi bangunan yang memiliki sifat khusus karena faktor konstruksi yang harus disesuaikan dengan fungsi – fungsi yang harus terpenuhi. Karena kebutuhan khusus inilah pekerjaan membangun bangunan atau konstruksi industri membutuhkan layanan konstruksi yang spesifik dan juga membutuhkan layanan perawatan bangunan yang tepat. Layanan dari perusahaan Kontraktor Konstruksi Industri Karawang yang juga mengerjakan tugas – tugas perawatan bangunan bisa menjadi perusahaan yang tepat untuk mengerjakan tugas – tugas tersebut di kawasan Karawang dan sekitarnya.

Kebutuhan maintenance atau perawatan gedung merupakan kebutuhan yang secara otomatis muncul setelah sebuah gedung selesai dikerjakan oleh pihak kontraktor konstruksi bangunan dan digunakan untuk tujuan industri oleh perusahaan pemiliknya. Hal ini merupakan kebutuhan yang utama karena memiliki nilai kepentingan yang kompleks baik untuk pemilik modal, manajemen perusahaan maupun seluruh tenaga kerja yang dilibatkan dalam aktivitas industri di bangunan atau kompleks industri tersebut. 

Mengapa Maintenance Gedung Kompleks Industri Penting?

Maintenance atau perawatan gedung merupakan bagian dari pengelolaan bangunan. Hal ini merupakan sebuah kebutuhan yang mutlak bagi gedung atau bangunan apapun, terutama bangunan komersial, perkantoran atau industri yang menjadi tempat beraktivitas banyak orang. Sebuah bangunan atau kompleks bangunan wajib memiliki sistem pengelolaan gedung, sistem ini dapat dilengkapi dengan sistem informasi yang bisa memudahkan mengelola aktivitas perawatan dari gedung – gedung di kompleks tersebut.

Pengelolaan perawatan gedung dan bangunan untuk sebuah kompleks industri menjadi jauh lebih penting karena beberapa alasan. Salah satunya adalah kebutuhan untuk menjamin keamanan dari penggunaan gedung atau bangunan tersebut untuk aktivitas industri komersial. Faktor kebutuhan dan kewajiban akan standar keamanan bangunan industri menjadi hal lain yang wajib dipantau pada setiap aktivitas perawatan gedung.

Jadwal pengelolaan gedung berupa aktivitas perawatan ini sebaiknya dilakukan secara berkala. Pemantauan kebutuhan perawatan gedung bisa dilakukan setiap jangka waktu 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun sekali. Perawatan atau maintenance sebuah gedung kemudian bisa ditentukan berdasarkan hasil laporan dari pemantauan atau monitoring tersebut. 

Maintenance sebuah gedung sebaiknya juga dilakukan secara berkala. Hal ini sebaiknya mulai dilakukan setelah bangunan selesai dikerjakan. Pengguna jasa Kontraktor Konstruksi Industri Karawang yang juga mengerjakan pekerjaan maintenance bangunan bisa menjalin kerja sama sejak awal untuk tujuan tersebut. Maintenance atau perawatan gedung dibutuhkan untuk menghindari adanya masalah atau kerusakan yang kemudian bisa membahayakan pengguna bangunan. 

Selain maintenance secara berkala, tindakan – tindakan perawatan gedung juga bisa dilakukan secara insidental. Langkah ini dilakukan umumnya ketika ditemukan masalah yang serius setelah dilakukannya monitoring atau pemantauan kondisi sebuah gedung.

Keuntungan utama dari praktek pemantauan dan maintenance gedung bangungan industri secara berkala adalah menjaga keamanan dan kinerja aktivitas industri yang melibatkan gedung atau bangunan tersebut. Maintenance gedung secara tepat juga bisa mencegah terjadinya masalah pada sebuah gedung karena resiko – resiko yang ada sudah terpetakan dan dilakukan antisipasi – antisipasi sebagai bagian dari aktivitas maintenance sebuah gedung bangunan industri.

Terdapat beberapa langkah penting dalam mengelola bangunan atau kawasan industri yang berkaitan dengan maintenance atau perawatan fisik gedung. 

  • Hal pertama yang harus diketahui dan mendapat perhatian adalah faktor peruntukan bangunan yang sesuai dengan desain dan standar bangunan ketika didirikan. Hal ini penting karena penggunaan bangunan yang tidak sesuai dengan desain standar peruntukannya bisa diikuti oleh resiko – resiko tertentu. Pelaksanaan pengawasan dan perawatan gedung merupakan bagian dari mengelola resiko – resiko tersebut dan memastikan gedung berfungsi sesuai dengan penggunaannya.
  • Membuat pilihan apakah akan melakukan monitoring dan atau maintenance gedung secara mandiri atau menggunakan vendor. Pada bagian ini jika pekerjaan dilakukan oleh pihak ketiga berupa perusahaan maintenance bangunan profesional maka dibutuhkan pengelolaan anggaran dan juga pengawasan atas hasil kerja perusahaan tersebut.
  • Memastikan keamanan gedung terkait aktivitas sumber daya manusia dan aset yang ada di gedung atau kompleks industri tersebut.

Ketiga hal tersebut merupakan tiga hal utama yang wajib ditentukan atau diputuskan terkait dengan aktivitas monitoring dan maintenance bangunan atau kompleks industri. Keterlibatan sumber daya manusia dalam jumlah banyak serta aset industri bernilai tinggi pada sebuah bangunan atau kawasan industri merupakan tanggung jawab dari pelaku bisnis yang bersangkutan.

Mengenal Aspek Utama dalam Monitoring dan Maintenance Bangunan Industri

Ada beberapa aspek utama yang akan menjadi fokus dari setiap aktivitas pengawasan dan perawatan dari sebuah bangunan atau kompleks industri. Kesemuanya bertujuan demi keamanan, keselamatan dan kelancaran aktivitas bisnis yang bergulir di dalam gedung atau di kawasan kompleks industri tersebut. Beberapa aspek utama pengawasan dan perawatan gedung tersebut meliputi :

  • Sistem perlindungan yang terdiri dari sistem alarm kebakaran, sistem dan peralatan pemadam kebakaran yang meliputi fire sprinkler, hidran, bahan – bahan untuk kebutuhan pemadam kebakaran hingga alat pemadam kebakaran portable atau Alat Pemadam Api Ringan. 
  • Sistem keamanan gedung yang meliputi sistem alarm keamanan, kontrol akses gedung hingga jaringan pengawasan CCTV.
  • Sistem otomatisasi gedung yang meliputi jaringan kelistrikan dan sistem pengelolaan energi gedung, sistem pengawasan serta aspek otomatisasi dari dua poin sebelumnya.
  • Kondisi bangunan yang meliputi pengawasan dan perawatan yang berkaitan dengan kondisi fisik dan struktur bangunan.

Pelaksanaan aktivitas monitoring dan maintenance bangunan industri ini juga dilakukan dengan beberapa tujuan utama. Faktor tujuan dan kebutuhan pelaksanaannya ini juga akan mempengaruhi pihak yang ditunjuk untuk melakukan tugas – tugas tersebut.

  • Perawatan rutin gedung dilakukan secara berkala untuk menjaga gedung dari kerusakan, penurunan fungsi dan untuk menjaga aspek produktivitas serta keamanan gedung. Tugas ini umumnya dikerjakan oleh pihak intern pemilik atau pengelola gedung. Laporan yang diperoleh nantinya juga bisa digunakan oleh pihak vendor perawatan gedung yang dilibatkan untuk tugas perawatan gedung selain perawatan rutin.
  • Perawatan yang bersifat pencegahan bertujuan untuk mencegah adanya kerusakan dan memperoleh kembali integritas struktural dari bangunan. Langkah ini bisa memperpanjang usia pakai dan daya tahan sebuah bangunan industri. Prosedur perawatan yang bersifat pencegahan ini juga terkait langkah berkelanjutan untuk menjaga dan memperhitungkan faktor resiko yang harus ditanggung oleh bangunan sejak dalam proses pembuatan desain dan konstruksi seperti resiko banjir, badai, kebakaran ataupun keruntuhan bangunan.
  • Perawatan yang bersifat perbaikan dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kerusakan, mengembalikan fungsi dan menjaga gedung tetap aman dan nyaman ketika digunakan untuk segala aktivitas yang memang menjadi fungsi dari bangunan industri tersebut. Perawatan yang bersifat perbaikan ini harus mampu memastikan gedung mampu beroperasi dengan normal dan dilakukan secepat mungkin dengan alasan efisiensi.

Sebuah bangunan atau kompleks industri harus melakukan praktek pengawasan dan perbaikan bangunan. Sebuah industri berskala kecil umumnya akan memakai pihak ketiga untuk memenuhi kebutuhan tersebut karena kebutuhan yang juga berskala kecil. Sedangkan industri berskala besar umumnya memiliki departemen atau staf khusus untuk melakukan pengawasan dan perawatan gedung untuk tujuan perawatan rutin dan pencegahan berskala kecil. Sedangkan perawatan gedung untuk pencegahan berskala besar serta perbaikan akan menggunakan perusahaan yang memang memiliki layanan untuk melakukan perawatan gedung atau bangunan kawasan industri.

Praktek monitoring atau pengawasan dan perawatan atau maintenance dari gedung dan bangunan industri memiliki dua tujuan utama. Tujuan yang pertama adalah memperoleh keamanan dan kenyamanan bagi sumber daya manusia yang melakukan aktivitas bekerja di gedung atau kawasan industri tersebut.

Sedangkan tujuan yang kedua adalah menghemat pengeluaran karena perawatan bisa mencegah kerusakan yang membutuhkan biaya besar untuk melakukan perbaikan. Perawatan yang baik juga memberi perlindungan dari bermacam aset perusahaan yang berada di dalam sebuah gedung atau kompleks kawasan industri. Setiap kerusakan aset yang terjadi karena masalah atau kerusakan bangunan berarti kerugian bagi perusahaan tersebut.

Menggunakan Jasa Maintenance Bangunan Industri Sebagai Solusi 

Salah satu langkah paling efisien dan efektif untuk melakukan perawatan atau maintenance gedung atau kompleks industri adalah dengan menggunakan tenaga profesional. Langkah ini bisa menjadi solusi praktis sekaligus hemat untuk melakukan tugas – tugas perawatan gedung yang bersifat pencegahan dengan skala besar dan perawatan gedung yang bersifat perbaikan.

Penyedia jasa maintenance bangunan industri umumnya juga bekerja sebagai kontraktor pembangunan gedung atau bangunan industri karena dibutuhkan latar belakang keilmuan, pengalaman dan peralatan yang sama. Kebutuhan yang sama ini akan muncul ketika aktivitas perawatan gedung ini membutuhkan perbaikan konstruksi yang besar. Pengalaman dan ketrampilan sumber daya manusia untuk melakukan pekerjaan konstruksi menjadi kebutuhan mutlak. Pada saat yang sama pelaksanaan pekerjaan perbaikan bertipe konstruksi bangunan ini juga akan membutuhkan peralatan yang serupa dengan pekerjaan – pekerjaan konstruksi pada umumnya.

Hal penting yang wajib menjadi perhatian bagi pemilik aset industri berupa bangunan dalam hal menggunakan jasa perusahaan maintenance bangunan industri adalah aspek legalitas. Bekerja sama atau menggunakan jasa perusahaan maintenance bangunan industri yang legal atau memiliki ijin usaha di bidang tersebut merupakan kebutuhan yang mutlak. Hal ini berkaitan dengan tanggung jawab dan kebutuhan yang terstandar terkait keamanan dan kelayakan sebuah konstruksi bangunan industri.

PT Niki Four Sebagai Solusi Kontraktor dan Maintenance Bangunan Industri

PT Niki Four merupakan perusahaan yang bergerak di bidang general kontraktor, maintenance bangunan dan jaringan IT yang sudah memiliki pengalaman luas. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2008 sehingga telah memiliki pengalaman lebih dari 12 tahun di bidang tersebut. Perusahaan PT Niki Four juga merupakan badan hukum resmi yang memiliki bidang bisnis konstruksi, jasa layanan teknik, pengadaan barang, perawatan gedung, renovasi serta kebutuhan jaringan komputer dan elektrikal.

Perusahaan ini memberi layanan building maintenance atau perawatan gedung yang termasuk dalam bidang bisnis sesuai dengan akta hukum perusahaan. Layanan perawatan gedung ini juga termasuk pemenuhan kebutuhan material yang menjadi kebutuhan perusahaan klien berupa bahan bangunan, besi atau bahan logam lain, cat serta tenaga pekerja. 

Salah satu kemudahan kerja sama yang ditawarkan oleh PT Niki Four untuk pekerjaan perawatan bangunan adalah fleksibilitas kontrak kerja sama yang bisa dilakukan. Segala bentuk layanan pekerjaan perawatan bangunan ini bisa dilakukan dengan sistem borongan ataupun sistem pekerjaan harian. Pihak klien bisa memperhitungkan aspek efisiensi baik dari segi waktu serta anggaran untuk memilih menggunakan kerja sama dengan sistem yang paling sesuai atau paling menguntungkan.

PT Niki Four merupakan salah satu perusahaan Kontraktor Konstruksi Industri Karawang yang juga menawarkan layanan building maintenance yang fleksibel untuk segala macam jenis bangunan. Pekerjaan perawatan gedung ini akan dilakukan oleh tenaga profesional dan berpengalaman dengan dukungan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan.

Referensi :

  1. 9 Alasan Mengapa Preventive Maintenance Sangat Penting Dilakukan. Diakses pada tanggal 30 Desember 2021 di alamat : https://pqm.co.id/
  2. What Is Building Maintenance?. Diakses pada tanggal 30 Desember 2021 di alamat : https://www.getmaintainx.com
  3. Building Maintenance : Everything You Need to Know. Diakses pada tanggal 30 Desember 2021 di alamat : https://www.interplaylearning.com
  4. Wikipedia, Construction Management. Diakses pada tanggal 30 Desember 2021 di alamat : https://en.wikipedia.org
  5. 8 Tips Memilih Jasa Kontraktor Yang Tepat dan Berkualitas. Diakses pada tanggal 30 Desember 2021 di alamat : https://bosspanel.co.id

0 Komentar

Contact Us


Jati Ilir II RT 001/006 - Tunggak Jati - Karawang Barat
Senin - Sabtu: 08.00 - 17.00 | Istirahat: 12.00 - 13.00