Cari Blog Ini

Mengenal Klasifikasi Bangunan Industri beserta Sub-Klasifikasinya

Karawang memiliki kawasan industri yang cukup strategis dengan berbagai akses transportasi yang memudahkan operasional bisnis. Oleh sebab itu, banyak dibuat bangunan industri untuk mendukung berbagai kegiatan dalam bidang industri. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai klasifikasi bangunan industri yang pembangunannya dilakukan oleh kontraktor konstruksi industri Karawang. Berikut penjelasan lengkapnya.   Pengertian Bangunan Industri Sebelum membahas lebih jauh terkait bangunan industri, perlu diketahui dulu pengertian dari industri itu sendiri. Industri adalah suatu kegiatan ekonomi atau suatu bidang yang berkaitan dengan pengolahan berbagai bahan baku, pembuatan barang jadi, dan penggunaan peralatan di bidang pengolahan. Bidang industri terdiri dari industri barang dan juga industri jasa, yang mana industri barang ini berkaitan dengan pengolahan bahan mentah yang dibuat menjadi barang setengah jadi atau bisa juga menjadi barang jadi, sehingga dihasilkan berbagai jenis barang produk

Company Profile PT Niki Four, Kontraktor Konstruksi Industri Karawang Berpengalaman dan Terpercaya

Kontraktor konstruksi industri Karawang termasuk profesi yang membutuhkan spesifikasi dan persyaratan khusus. Hal ini karena dalam bidang kerjanya mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan membutuhkan keahlian, ketelitian, dan kemampuan dalam menggunakan teknologi secara spesifik. Lingkup kerjanya pun tidak sembarangan, seperti industri berat, industri dasar, kilang minyak, pertambangan, dan sebagainya. Terdapat risiko besar bila dalam kinerjanya tidak disertai keahlian khusus.   Apakah Anda membutuhkan jasa kontraktor konstruksi industri terpercaya? Sebelum deal menjalin kerjasama dengan kontraktor yang Anda pilih, simak ulasan tentang kontraktor konstruksi industri berikut mencakup tahapan proyek hingga rekomendasi kontraktor terbaik yang layak untuk dipilih. Lebih Mengenal Konstruksi Industri Sebelumnya, konstruksi merupakan istilah yang mengacu pada kegiatan membangun sarana dan prasarana. Di bidang teknik sipil dan arsitektur, istilah ini dikenal pula sebagai satuan infrastruktur

Industrial Construction: Why You Need To Get It

Industrial construction is a vital part of any business. It helps you to create products and services that people need and want. But, like anything else, industrial construction has its own risks and challenges that you need to be aware of. In this article, we'll take a look at some of the most common reasons why industrial construction can go wrong and how you can mitigate them.   The Pros and Cons of Industrial Construction Industrial construction is a booming industry with a lot of benefits to both the construction company and the end user. Here are some of the pros and cons of industrial construction: Pros: Industrial construction is an extremely versatile industry that can be used for a variety of projects. Industrial construction can be completed quickly, which is important when deadlines need to be met.  The workers in industrial construction are usually highly skilled, which means they are able to complete complex projects quickly and accurately.  Industrial constructio

Jenis – Jenis Layanan Yang Dimiliki Oleh Jasa Kontraktor Karawang

Jasa kontraktor konstruksi Industri Karawang merupakan salah satu bidang usaha yang akan bekerja berdasarkan dari kesepakatan kontrak pada proses perencanaannya, penyediaan berbagai produk barang dan jasa beserta pekerjaan. Jasa ini akan memberikan layanan untuk perorangan maupun badan usaha yang nantinya akan dipilih pada saat proses perencanaan, supaya bisa memenuhi kebutuhan material, pekerjaan, perencanaan, perbaikan perawatan, dll.


 

Pada saat bekerja kontraktor bangunan akan terikat dengan waktu, proses pengerjaan, biaya, sampai berbagai hal setelah melalui proses persetujuan. Berdasarkan ulasan dari Wikipedia jasa kontraktor adalah yang menyediakan barang dan jasa yang mempunyai sifat perorangan maupun badan usaha.

Hal ini juga akan terkait dengan tenaga ahli yang dimiliki baik itu untuk pekerjaan pembangunan sebuah gedung, fasilitas umum, tempat industri dan lain sebagainya. Pekerjaan seorang kontraktor ini nantinya akan terikat dengan sebuah perjanjian untuk kerja sama atau biasa dikenal dengan kontrak.

Tugas paling umum dari perusahaan kontraktor ini akan terkait dengan pemenuhan kebutuhan material pada bangunan, pekerjaan, dan juga memenuhi kebutuhan jasa yang nantinya akan diperlukan. Hal ini agar nantinya proses dalam pembangunan bisa berjalan sesuai dengan rencana dan pastinya harus tepat waktu.

Produk dalam penyediaan barang dan jasa tersebut memang memiliki cakupan yang begitu luas termasuk dalam bidang industri, militer dan juga bisnis. Pada jasa kontraktor konstruksi biasanya akan meliputi berbagai hal, antara lain perencanaan, pemenuhan material, proses pengerjaan, dan proses penyelesaian perbaikan atau remodeling.

Cara Menilai Profesionalitas dari Jasa Kontraktor

Jika kita ingin menilai dari segi profesionalitas jasa kontraktor konstruksi industri Karawang yang baik dan paling tepat, bisa dilihat dari tiga aspek secara luas seperti di bawah ini :

1. Tahap dalam Perencanaan

Pada tahap ini biasanya akan berkaitan dengan desain, proses di saat melakukan konsultasi akan menjadi media untuk menyatukan visi dan juga keinginan dari klien itu sendiri. Proses tersebut akan meliputi, pengajuan rancangan, sampai nanti bisa ditemukan desain yang paling tepat.

Proses ini juga dilakukan dengan cara melakukan survey lokasi, memberikan masukan yang paling tepat, beserta dalam penyelesaian permasalahan jika nantinya mempunyai kendala. Pengalaman dan juga profesionalisme dari vendor jasa kontraktor tersebut akan lebih mempunyai peranan penting.

2. Penyediaan Barang Beserta Jasa

Kedua hal ini juga sangat penting untuk dapat menilai kinerja dari jasa kontraktor yang paling tepat. Bukan hanya bekerja berdasarkan dari kontrak dengan menyediakan barang, misalnya seperti pipa, kabel listrik, material bangunan, dan juga alat berat yang nantinya diperlukan. Memenuhi kebutuhan dan taat terhadap perjanjian juga merupakan salah satu hal terpenting yang harus dilakukan.

Hal ini juga akan termasuk dari kewajiban vendor kontraktor untuk dapat memenuhi kebutuhan barang dan jasa berdasarkan dengan isi kontrak perjanjian sebelumnya. Termasuk dari segi jumlah yang diperlukan, kualitas produk, merek material yang diinginkan sampai tenaga ahli yang nantinya dibutuhkan.

3. Melakukan Perbaikan atau Desain Ulang

Bukan hanya harus bekerja mulai sejak awal, jasa kontraktor pastinya juga sering diperlukan untuk proses perbaikan. Biasanya akan dilakukan setelah pekerjaan proyek tersebut terselesaikan, tetapi terkadang terdapat kendala seperti pipa yang bocor, dan bagian lainnya dari bangun yang mengalami malfungsi.

Proses dalam pengerjaan bukan hanya dari aktivitas perbaikannya, inovasi dari bisnis umumnya akan membutuhkan regenerasi terhadap desain, termasuk perihal perluasan gedung maupun perubahan tata letaknya. Walaupun tidak dikerjakan sejak dari awal, diperlukan perencanaan yang matang dalam hal tersebut.

Mengenal Jenis – Jenis Kontraktor yang Ada di Indonesia

Pada perkembangan untuk sekarang ini, jasa kontraktor Karawang akan dibedakan ke dalam beberapa jenis untuk bidang usaha yang dilakukannya. Pengelompokan tersebut akan berkaitan erat dengan proses untuk penyediaan barang maupun jasa sumber dayanya yang nanti akan diperlukan, pada saat membangun rumah, infrastruktur atau sebuah gedung.

1. 1.Kontraktor Tata Lingkungan

Jenis yang satu ini akan bekerja dalam lingkup untuk berbagai hal, misalnya seperti dari dampak lingkungan, teknik lingkungan, tata ruang perkotaan, sampai pada sistem saluran air, baik itu untuk air bersih atau saluran limbah pembuangan dan perbaikan.

2. Kontraktor Arsitektur

Kontraktor Arsitektur ini akan digunakan untuk melakukan pembangunan sebuah rumah, gedung maupun bangunan. Memiliki cakupan yang begitu luas dan meliputi terlibatnya sebuah teknologi, pembangunan lanskap, perawatan, perbaikan hingga masuk ke dalam desain interior.

3. Kontraktor Mekanikal dan Electrical

Kebutuhan untuk kedua fasilitas ini memang begitu saking berkaitan dengan erat satu dan yang lainnya. Terutama pada pembangunan sebuah rumah, gedung maupun fasilitas secara umum dan modern yang akan memerlukan peralatan yang canggih. Bidang elektrikal ini umumnya akan meliputi pembangunan untuk instalasi kelistrikan yang aman dan juga tepat.

Termasuk pada jalur distribusi, transmisi, beserta sumber daya kelistrikan sampai komunikasi yang diperlukan. Sehingga nantinya akan mudah digunakan ketika rumah, bangunan maupun fasilitas umum yang sudah siap untuk digunakan.

Tidak jauh berbeda dengan elektrikal, jenis jasa kontraktor mekanikal akan bekerja di ruang lingkup untuk berbagai peralatan mekanik. Misalnya saja seperti, lift atau elevator di sebuah gedung yang diperlukan, instalasi pada jaringan penyejuk udara dan lain sebagainya.

4. Kontraktor Sipil

Kontraktor sipil akan berbeda dengan kontraktor arsitektur karena umumnya akan mengerjakan bangunan maupun fasilitas umum. Misalnya dalam pembangunan jalan raya pelabuhan, terminal, dan jembatan. Bukan hanya akan berhenti disitu saja, bidang yang satu ini juga kerap diperlukan untuk proses perobohan bangunan dan juga sejenisnya.

Setiap jenis usaha kontraktor tersebut akan memiliki kelebihan dan spesialisasinya masing-masing. Walaupun tidak jarang mereka akan memberikan penawaran lebih dari satu macam produk yang mereka miliki. Jauh lebih baik jika kita mengenali ruang lingkup dari jenis jasa kontraktor konstruksi industri Karawang tersebut, melakukan komunikasi dengan baik, merupakan cara paling tepat dalam menentukan jasa kontraktor yang paling tepat nantinya.

Cara Kerja Perusahaan Konstruksi

Umumnya ketika akan membangun sebuah gedung maupun hunian akan memerlukan bantuan seorang arsitek atau jasa kontraktor, agar bisa membantu dalam menyelesaikan proyek tersebut. Jika arsitek bekerja untuk melakukan desain bangunan yang nantinya akan dibuat, maka seorang kontraktor akan bekerja untuk membangun bangunan tersebut.

Pada saat melakukan pekerjaanya perusahaan jasa kontraktor akan mempunyai cara kerjanya sendiri. Berikut ini adalah cara kerja dari jasa kontraktor konstruksi :

1. 1.Borongan Secara Penuh

Cara kerja dari seorang kontraktor biasanya akan dibagi menjadi beberapa bagian, terutama jika mendapatkan proyek yang memang sulit untuk dikerjakan dan memiliki jumlah yang begitu banyak. Borongan penuh merupakan salah satu pembagian yang bisa dilakukan paling pertama.

Menggunakan sistem yang satu ini, maka perhitungan dari biayanya akan menggunakan secara total keseluruhan biaya dengan pemakaian harga tetap. Misalnya pada sebuah proyek dalam pembangunan rumah akan dibutuhkan biaya kurang lebih 200 juta, maka kontraktor itu dapat mengerjakan proses pembangunannya.

Pastinya sejak dari awal sudah harus mempunyai kesepakatan dan dari kedua belah pihak dengan menggunakan anggaran tersebut. Terutama bagi penyewa maupun klien, kontraktor memiliki kendali secara penuh agar bisa melakukan maupun mengatur segala sesuatunya untuk pengeluaran yang diperlukan. Selain itu, kontraktor dapat dengan sangat leluasa mengolah teknis pada pekerjaan tersebut.

2. Borong Sebagian

Jasa kontraktor biasanya juga mempunyai sistem borongan sebagian, di saat menggunakan cara yang satu ini maka mereka hanya akan melakukan pekerjaan sebagiannya saja dan tidak secara keseluruhan. Seluruh pekerjaan yang ada nantinya tidak semuanya akan dikerjakan, tentunya juga harus sudah berdasarkan dari kesepakatan kedua belah pihak, yaitu jasa kontraktor dan klien maupun orang yang menyewanya.

3. Cost and Fee

Sistem cost and fee biasanya juga digunakan oleh para kontraktor kepada para kliennya jika mereka memiliki dana yang cukup dan memadai pada proyek bangunan yang akan dikerjakan tersebut. Oleh sebab itu, nantinya kontraktor akan selalu memperhatikan kerapian, kualitas dari bangunan yang dikerjakan itu.

Jika menggunakan sistem yang satu ini klien bisa melakukan pembelian material yang diinginkan untuk dipakai pada proyek bangunan tersebut. Kelebihan menggunakan sistem yang satu ini lebih mempunyai sifat terbuka dari segi biayanya dan akan sangat rinci.

Material hingga pembayaran yang nantinya harus dilakukan maupun yang akan dilakukan akan dilaporkan kepada pihak yang menggunakan jasanya. Inilah yang membuat sistem ini terlihat transparan, penyewa juga tidak harus ditakutkan dengan penyalahgunaan anggaran atau biaya yang dipakai.

Tanggung Jawab dari Kontraktor

Seorang kontraktor konstruksi industri Karawang pastinya akan memiliki tanggung jawab untuk menjalankan sebuah pekerjaan yang dibutuhkan agar proyek tersebut cepat terselesaikan. Peranan dan tanggung jawab seorang kontraktor akan diwujudkan ke berbagai aspek, misalnya pada perencanaan, keselamatan lokasi konstruksi, pemantauan, manajemen dan juga permasalahan hukum.

Peran dan tanggung jawab seorang kontraktor memang akan sedikit berbeda dari proyek yang satu ke lainnya. Namun, jika kita lihat secara umum maka tidak akan jauh berbeda, misalnya seperti yang sudah tersaji di bawah ini :

  1. Menentukan dan melakukan estimasi untuk berbagai aspek dalam proyek tersebut, misalnya bahan beserta alat yang dibutuhkan.
  2. Melakukan perencanaan dalam pengembangan dan juga implementasi proyek-proyek yang besar terlebih dahulu.
  3. Melakukan pengaturan untuk persyaratan izin, hukum dan juga peraturan yang lainnya.
  4. Mengantisipasi jika sewaktu-waktu terdapat perubahan yang ada di dalam proyek tersebut.
  5. Melakukan koordinasi baik itu secara pihak keseluruhan baik itu sebagai klien maupun subkontraktornya.
  6. Memastikan dari segi keselamatan kerja beserta spesifikasi kesehatan.

Begitu banyak perusahaan kontraktor konstruksi industri yang ada di daerah Karawang dan sekitarnya, sehingga pasti akan membuat kebingungan untuk menentukan penyedia jasa kontraktor yang terpercaya. Tidak usah khawatir karena kamu bisa mengandalkan http://nikifour.co.id/ Karawang yang menjadi salah satu perusahaan kontraktor konstruksi dalam bidang industri yang sudah sangat berpengalaman di berbagai kawasan industri daerah Karawang dan sekitarnya.

Perusahaan ini juga sudah terpercaya dan perusahaan ini sudah menjadi kepercayaan melakukan konstruksi pada berbagai perusahaan besar. Selain itu mereka juga hanya sebagai general kontraktor, building maintenance dan juga IT Networking yang berbadan hukum resmi.

Sumber

  1. id.m.wikipedia.org
  2. fbr.springeropen.com
  3. www.awrm.co.id
  4. 99.co

0 Komentar

Contact Us


Jati Ilir II RT 001/006 - Tunggak Jati - Karawang Barat
Senin - Sabtu: 08.00 - 17.00 | Istirahat: 12.00 - 13.00